6 Dampak Buruk Stres Bagi Kulit Anda

loading...
Jika sebelumnya kita membahas mengenai 10 penyakit yang diakibatkan oleh stres maka kali ini kita akan membahas dampak buruk stres bagi kesehatan kulit. Stres biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena terlalu banyak pikiran dan tekanan. Sebenarnya stres ini sendiri tidaklah berbahaya, justru stres ringan bisa berdampak baik bagi kesehatan kita. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kita tidak bisa mengendalikan stres tersebut sehingga berkepanjangan dan berlarut-larut dan apabila dibiarkan tanpa ada penanganan maka bisa berpotensi menggangu kesehatan kulit kita, bahkan bisa memicu terjadinya depresi yang akhirnya mengganggu kesehatan mental.

6 Dampak Buruk Stres Bagi Kulit Anda

Nah, seperti yang telah dijelaskan diatas maka kali ini kita akan membahas mengenai dampak stres bagi kesehatan kulit kita. Penasaran ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Dampak Buruk Stres Bagi Kulit Anda


1. Menjadi Sensitif
Ketika kita mengalami stres maka biasanya kekebalan tubuh juga akan menurun sehingga hal ini menyebabkan tubuh sangat rentan terhadap serang dari luar seperti polusi dan alergi. Lapisan kulit epidermis yang bertugas sebagai pelindung sekaligus pelembab alami pada kulit terganggu produksinya sehingga menyebabkan kulit menjadi sensitif dan mudah kering dan kusam.

2. Kulit Mengeluarkan Minyak Berlebihan
Selain menjadi sensitif, kulit juga akan memproduksi minyak secara berlebihan terutama pada bagian wajah. Stres juga bisa menyebabkan produksi hormon testosteron meningkat sehingga hal ini menyebabkan tubuh akan memproduksi minyak secara berlebihan. Nah, jika sudah seperti ini maka anda bisa menggunakan cara-cara alami untuk menghilangkan minyak diwajah secara alami dan permanen.

3. Membuat Elasitas Kulit Munurun
Siapa sih yang ingin terlihat tua, apalagi diusia masih muda tentu saja hal ini sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Nah, jika ingin tetap terlihat awet muda maka jauhi stres karena hal ini bisa menurunkan elasitas kulit. Ketika kita stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon yang bisa mengganggu peredaran darah. Jika peredaran darah terganggu maka sudah pasti pasokan oksigen dan nutrisi akan berkurang pada kulit Anda sehingga hal ini bisa menyebabkan kulit menjadi cepat kendur dan keriput.

4. Mengganggu Regenerasi Sel Kulit
Regenerasi kulit sangat penting karena sel-sel kulit yang mati harus digantikan dengan yang baru agar kulit tetap sehat dan Anda terlihat selalu awet muda. Nah, biasanya proses regenerasi kulit ini terjadi dimalam hari ketika kita sedang tidur namun apabila kita sedang stres maka tentu saja tidur akan terganggu dan sering bangun tengah malam dan membuat tidur tidak nyenyak sehingga mengganggu proses regenerasi sel kulit.

5. Membuat Kulit Wajah Mudah Berjerawat
Nah, masalah yang paling serius dan membuat minder adalah jerawat. Tahukah anda bahwa ternyata stres juga bisa menyebabkan kulit wajah mudah berjerawat, hal ini disebabkan karena hormon stres bisa memicu produksi minyak sebum yang berlebihan. Nah, minyak yang berlebihan dan ditambah penumpukan sel-sel kulit mati ini akan membuat wajah menjadi mudah berjerawat.

6. Timbul Kerutan Halus
Selain hal diatas, stres juga menyebabkan kulit menjadi cepat mengalami penuaan serta timbul kerutan halus. Hal ini disebabkan karena ketika kita sedang stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang kemudian akan menghambat kolagen dan mengikat protein yang dibutuhkan kulit sehingga kada gula didalam darah akan meningkat dan menyebabkan elasitas kulit menjadi rusak. So, hindarilah stres.

Nah itulah 6 dampak buruk stres bagi kulit Anda sehingga sebisa mungkin hindari yang namanya stres dengan cara berolahraga atau berlibur.
loading...

Loading...