Cara Benar Memasang Dan Melepaskan Softlens

cara memakai dan melepaskan softlens
Apakah anda sering menggunakan softlens ? jika iya maka sudah pasti tahu bagaimana cara yang benar untuk memasang dan melepaskan softlens. Pada saat ini penggunaan softlens sudah menjadi trend tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia sehingga tak heran apabila kita bisa mendapatkan softlens dengan mudah karena telah banyak dijual dipasaran. Namun sayangnya banyak orang yang hanya mengikuti trend demi penampilan menarik tanpa memahami resiko dan dampaknya bagi kesehatan mata, karena seperti yang kita ketahui bahwa penggunaan softlens yang tidak benar bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada mata seperti iritasi dan infeksi.

Nah, bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan softlens sebaiknya harus berhati-hati dan memahami bagaimana cara memasang dan melepasnya yang aman agar kesehatan mata tidak terganggu.  Penasaran bagaimana caranya ? yuk mari kita simak tulisan dibawah ini.

Cara Benar Memasang Softlens


1. Sebelum menggunakan softlens perhatikan terlebih dahulu agar tidak terbalik dalam pemasangan   dan pastikan softlens tidak dalam kondisi rusak.
2. Letakan softlens pada ujung jari telunjuk Anda lalu dekatkan pada mata, lalu gunakan jari tengah Anda untuk menarik kebawah kelopak mata.
3. Kemudian setelah mata terbuka maka tempelkan secara perlahan-lahan softlens yang ada pada ujung jari telunjuk tadi.
4. Jika sudah maka lepaskan softlens yang ada diujung jari telunjuk tadi dengan lembut dan berkediplah. Untuk memasang softlens dimata selanjutnya caranya sama.

Cara Benar Melepas Softlens


1. Pertama pastikan tangan Anda bersih, jika tidak maka silahkan cuci terlebih dahulu dan keringkan.
2. Pastikan ketika memasang lensa harus tepat ditengah dan periksa kembali ketika ingin membukanya jika posisinya tetap ditengah.
3. Kemudian untuk menemukan soflens maka coba lihat cermin lalu periksa area bawah dan atas mata Anda.
4. Jika sudah menemukan softlens maka ambil dengan metode mencubit. Caranya yaitu pertama, geser softlens ke putih mata dengan jari telunjuk lalu cubit lembut softlens dengan ibu jari dan jari telunjuk tadi.
5. Simpan kembali softlens Anda. Namun perhatikan, untuk mengurangi resiko infeksi maka ganti wadah lensa setidaknya sebulan sekali.

Bagaimana sudah tahukan cara memasang dan melepas softlens dengan benar agar tidak menganggu kesehatan mata Anda. Namun sebaiknya sebelum menggunakan softlens maka tidak ada salah untuk memperhatikan hal berikut.

perhatikan hal ini sebelum menggunakan softlens

1. Kondisi Mata
Periksakan terlebihi dahulu kondisi mata anda pada dokter karena tidak semua orang cocok menggunakan softlens. Karena seperti yang sudah dibahas diatas bahwa softlens bisa menyebabkan iritasi, infeksi hingga kebutaan apabila salah dalam penggunaan dan tidak cocok.

2. Kualitas Soflens
Perhatikan kualitas softlens yang Anda beli dan jangan tergiur dengan kata murah. Sebaiknya cari tahu dulu kualitasnya dan untuk lebih baiknya gunakan produk yang telah direkomendasikan oleh banyak orang.

3. Waktu Pemakian
Jangan gara-gara ingin tampil gaya Anda menjadi lupa dan menggunakan softlens setiap hari. Padahal pemakaian softlens hanya dianjurkan 8 jam saja dalam sehari, pemakaian dalam waktu yang lama akan membuat mata merasa tidak nyaman dan membuat bakteri mudah berkembang.

Nah itulah yang harus Anda perhatikan ketikan akan menggunakan softlens. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda sehingga kesehatan mata tetap terjaga. Baca Juga : Cara Mengatasi Mata Bengkak Menggunakan Bahan Alami

loading...

Share this :

Previous
Next Post »