4 Bahaya Mandi Bola Bagi Kesehatan Anak

loading...
Mandi bola merupakan salah satu wahana hiburan atau tempat bermain bagi para anak-anak, bahkan hampir setiap kota di Indonesia menyediakan permaianan ini baik itu di mall atau di tempat rekreasi. Biasanya tempat atau permainan mandi bola ini akan sangat ramai dikunjungi oleh orang-orang, apalagi disaat liburan maka sudah pasti banyak pengunjung yang datang untuk bermain mandi bola.

bahaya mandi bola bagi anak

Bahaya Mandi Bola Untuk Kesehatan Anak 

Nah, permainan mandi bola yang dibuka untuk umum ini ternyata selain bisa memberikan hiburan bagi anak-anak tetapi juga sangat beresiko bagi kesehatan sehingga orang tua harus memberikan perhatian khusus agar tidak sembarangan mengajak anak untuk bermain mandi bola. Mungkin bagi Anda ini terdengar sedikit aneh, namun jika tidak percaya maka silahkan simak tulisan dibawah ini mengenai bahaya yang terdapat pada kolam bola.

1. Gigitan Serangga Beracun
Bahaya pertama yang sering disepelekan oleh para orang tua adalah gigitan serangga beracun seperti kalajengking, laba-laba, lipan dan berbagai jenis lainnya. Tanpa kita sadari terkadang hewan ini bisa saja masuk dan bersembunyi di sela-sela bola sehingga tanpa disadari bisa mengancam dan membahayakan anak-anak yang bermain mandi bola. Seperti yang kita ketahui bahw, seluruh hewan diatas sangat beracun dan parahnya anak-anak tidak akan langsung sakit ketika terkena gigitan tetapi baru akan terasa setelah beberapa hari.

2. Infeksi Virus dan Bakteri
Infeksi virus dan bakteri sangat mungkin akan menghantui buah hati Anda karena bayangkan saja ada berapa ratus bahkan ribu orang yang keluar masuk didalam kolam bola tersebut. Mungkin ini terdengar berlebihan bagi Anda namun kita harus tetap waspada karena virus dan bakteri bisa yang ada didalam kolam bola bisa saja masuk melalui luka atau jaringan kuku anak-anak. Kita tidak tidak pernah tahu kapan penjaga tempat permainan mandi bola tersebut membersihkan wahananya, bahkan terkadang ada sebagian yang sama sekali tidak pernah membersihkannya sehingga apabila di cek ke dasar bola maka akan terlihat banyak kotoran di sana.

3. Gigitan Ular
Permainan mandi bola juga bisa tempat bersarangnya ular dan kita tidak bisa memastikan bahwa tempat tersebut bisa aman karena siapa tahu saat keadaan sepi dimalam hari, hewan melata tersebut masuk dan bersembunyi disana. Ini tentu saja beresiko bagi anak-anak karena bisa saja mereka akan terkena gigitan dan yang lebih parahnya orang tua tidak akan menyadarinya dan menganggap bahwa itu adalah gigitan hewan lain sehingga racun yang menyebar akan membahayakan kesehatan sang anak

4. Resiko Tertular Penyakit
Seperti yang sudah dibahas diatas bahwa kolam mandi bola yang di buka untuk umum merupakan tempat berkumpulnya para kuman dan bakteri. Biasanya jika sudah digunakan oleh banyak orang maka kebersihannya diragukan karena kita tidak pernah tahu berapa kali dalam seminggu para petugas membersihkan tempat kolam bola tersebut. Terkadang kita hanya melihat sekilas dari luar dan nampak bersih namun jika kita mencoba mengangkat bola-bola tersebut dan lihat bagian bawahnya maka pasti akan sangat kotor. Semua jenis kotoran yang ada pada kolam bola akan meningkatkan resiko penularan penyakit pada anak Anda.

Itulah bahaya mandi bola bagi kesehatan anak sehingga Anda sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan tempat-tempat untuk liburan si anak agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mata Pada Anak

loading...