Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan





Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Rambut rontok pasca melahirkan sering kali membuat wanita menjadi stres, padahal seperti yang kita ketahui bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena takutnya nanti malah akan membuat Anda menjadi tambah stres sehingga rambut  Anda semakin rontok parah.

Menurut ahli kesehatan mengatakan bahwa pertumbuhan rambut normal pada manusia dibagi menjadi dua fase yaitu dimana ada fase pertumbuhan dan fase istirahat. Nah, biasanya fase istirahat ini akan berlangsung selama 3 bulan sedangkan fase pertumbuhan berlangsung selama 3 tahun.

Pada wanita yang baru saja melahirkan maka pertumbuhan rambut mereka berada pada fase istirahat sehingga menyebabkan banyak rambut terdorong keluar dan pada fase ini para wanita sangat beresiko mengalami kerontokan. Hal ini biasanya akan berlangsung selama 3-6 bulan dan kemudian rambut pada wanita tersebut akan normal kembali dan memasuki fase pertumbuhan.

Nah, ketika rambut berada didalam fase istirahat tadi maka tentunya rambut para wanita yang baru saja melahirkan akan mengalami kerontokan sehingga maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam melakukan perawatan rambut agar rontoknya tidak menjadi parah. Berikut ada beberapa tips untuk mengatasi dan meminimalisir kerontokan pada rambut bagi wanita yang baru melahirkan.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Setelah Melahirkan


1. Hindari Stres
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari stres. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa pasca melahirkan sang ibu memang sangat rentan stres yaitu mulai dari sibuk mengurus bayi, memikirkan berat badan yang bertambah dan lain-lain sehingga hal ini malah akan membuat rambut menjadi semakin rontok. Tenangkan lah pikiran dan rileks serta berpikirlah positif agar Anda selalu bahagia.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Pasca melahirkan wanita tentunya membutuhkan makanan sehat untuk membuat tubuh mereka bugar dan sehat kembali. Nah selain menyehatkan tubuh, mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, antioksidan, vitamin E dan C ternyata juga sangat baik untuk kesehatan rambut Anda sekaligus menimimalisir terjadinya kerontokan.

3. Pilihlah Shampo Yang Tepat
Apabila Anda ingin berkeramas maka pilihlah shampo yang tepat agar selain membuat rambut menjadi sehat tetapi juga bisa mencegah kerontokan pada rambut. Jangan gonta-ganti merk shampo tetapi pilihlah satu dan apabila sudah cocok maka gunakan shampo tersebut setiap kali akan berkeramas.

4. Gunakan Sisir Bergigi Jarang
Kemudian jika Anda ingin menyisir rambut maka jangan gunakan sisir bergigi rapat tetapi pilihlah sisir yang bergigi jarang untuk meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut. Selain itu, Anda juga harus menghentikan sementara menggunakan alat-alat seperti pengering rambut atau catokan karena hanya akan memperparah kondisi rambut Anda.

5. Perhatikan Ketika Mengikat Rambut
Apabila Anda memiliki rambut yang panjang maka perhatikan ketika akan mengikat rambut. Usahakan jangan terlalu kencang mengikat rambut karena hal ini akan membuat rambut menjadi tertarik sehingga memicu terjadinya kerontokan. Longgarkan sedikit ikatan rambut Anda untuk meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut.

6. Lidah Buaya
Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk meminimalisir kerontokan pada rambut. Seperti yang kita ketahui bahwa lidah buaya ini sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut yaitu mulai dari memanjangkan rambut hingga membuat rambut tumbuh lebih cepat. Cara mengaplikasikannya juga sangat simpel yaitu tinggal oleskan saja gel lidah buaya pada rambut Anda dan diamkan selama 15 menit lalu baru cuci rambut dengan air bersih.


Itulah cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan. Cara diatas sangat membantu wanita yang baru saja melahirkan agar bisa meminimalisir kerontokan pada rambut mereka. semoga bermanfaat.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »