Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat dan Aman





Cara menghilangkan panu di badan, wajah, ketiakPanu merupakan salah satu masalah pada kulit yang mungkin pernah kita alami, meskipun tidak membahayakan kesehatan tetapi apabila panu sudah menyebar di seluruh kulit badan, wajah, leher, ketiak dan bagian kulit lainnya maka tentu saja bisa membuat kita menjadi malu dan tidak percaya diri ketika menggunakan pakaian berlengan pendek atau sedikit terbuka.

Panu pada kulit disebabkan oleh jamur candida albican. Tanda-tanda panu ini sendiri sangat mudah dikenali dan terlihat oleh mata yaitu sipenderita biasanya akan mengalami bercak pada kulit yang apabila terkena keringat maka bisa menimbulkan rasa gatal. Bercak ini sendiri terkadang bisa berwarna putih, merah atau hitam tergantung dengan jenis kulit masing-masing orang. Namun di Indonesia umumnya, bercak atau tanda panu pada kulit berwarna putih.

Panu ini tidak hanya menyerang anak-anak saja tetapi para remaja dan orang tua juga bisa terkena panu apalagi mereka yang malas memperhatikan kebersihan kulitnya dan sering menggunakan pakaian yang lembab maka hal ini tentu saja akan membuat jamur berkembang biak dengan cepat dikulit kita dan pada akhirnya menyebabkan panu.

Apabila tidak diobati dengan cepat maka panu ini nantinya akan menyebar kebagian kulit lainnya dan terus hingga memenuhi seluruh kulit Anda. Maka dari itu sebelum panu menyebar di kulit kita maka harus cepat diatasi dengan benar dan tepat. Meskipun pada saat ini obat panu telah banyak dijual dipasaran tetapi tidak ada salahnya jika kita menggunakan cara-cara alami saja untuk menghilangkan panu yang ada dikulit karena lebih aman dan juga tak kalah ampuh.

Berikut dibawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa Anda coba gunakan untuk mengatasi panu di kulit baik itu dibadan, wajah, ketiak, lipatan paha maupun leher.


Cara Menghilangkan Panu Secara Alami


1. Jeruk Nipis dan Belerang
Bahan alami pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah panu ini adalah campuran beleran dan jeruk nipis. Campuran kedua bahan ini sangat ampuh untuk membasmi jamur penyebab panu.

Cara membuatnya juga sangat simpel, pertama Anda cukup haluskan saja belerang secukupnya lalu tambahkan dengan perasan air jeruk nipis. Setelah itu, oleskan saja ramuan tersebut pada kulit yang berpanu. Lakukan cara ini 2-3 kali sehari secara rutin setiap hari maka panu dikulit Anda akan hilang.

2. Bawang Putih
Bawang putih memiliki banyak manfaat, tidak hanya sering digunakan sebagai bumbu dapur tetapi juga bisa kita manfaatkan untuk berbagai hal salah satunya adalah untuk menghilangkan panu di kulit. Cara pemakaian bawang putih untuk mengatasi panu pada kulit juga terbilang sangat mudah dan simpel sehingga Anda pasti bisa mencobanya dirumah.

Pertama, kerok atau gosok terlebih dahulu panu yang ada dikulit Anda hingga panu terlihat memutih semua. Kemudian setelah itu, potong bawang putih menjadi dua bagian dan gosokan bagian dalam bawang putih pada panu Anda. Meskipun cara ini agar sedikit perih tetapi sangat ampuh untuk menghilangkan dan mematikan jamur pada kulit Anda sehingga panu akan hilang serta tidak akan kembali lagi.

3. Lengkuas
Kemudian bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan panu pada kulit adalah dengan menggunakan lengkuas. Seperti yang kita ketahui bahwa lengkuas juga termasuk salah satu bumbu dapur yang sering digunakan sebagai penyedap masakan. Nah, selain itu ternyata lengkuas juga memiliki manfaat lainnya yaitu untuk menghilangkan panu.

Caranya mudah, yaitu sama seperti diatas tadi, gosok terlebih dahulu panu Anda hingga terlihat memutih semua dan kemudian baru setelah itu gosokan lengkuas pada kulit yang berpanu tadi. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari, maka jamur penyebab panu akan hilang dan mati sehingga panu juga akan ikut hilang secara permanen.

4. Belimbing Wuluh
Terakhir, gunakan belimbing wuluh dan sedikit kapur sirih untuk mengatasi masalah dan membasmi panu pada kulit Anda. Caranya yaitu, haluskan saja belimbing wuluh, kurang lebih sekitar sepuluh buah lalu setelah itu campurkan dengan kapur sirih kira-kira sebesar biji asam. Aduk dan remas-remas kedua bahan tersebut hingga tercampur rata dan kemudian gosokan pada Anda yang berpanu dua kali sehari. Apabila Anda melakukan nya secara rutin dan konsisten maka panu akan hilang dari kulit Anda dalam waktu yang singkat.

5. Obat Panu
Sekedar tambahan, jika Anda malas dan merasa repot dengan cara alami diatas maka langkah terakhir adalah dengan membeli obat panu yang banyak dijual dipasaran. Namun hati-hati dalam memilih obat panu, pastikan aman dan telah ada BPOM nya agar kulit Anda tidka mengalami iritasi dikemudian hari.

Tips Sederhana Menghindari Panu

  • Jangan malas untuk memperhatikan kebersihan kulit, setidaknya mandilah 3 kali setiap hari
  • Hindari menggunakan handuk atau sabun secara bersama dengan orang yang punya panu dikulitnya.
  • Jangan gunakan baju yang masih lembab. Selain itu, keringkan hingga benar-benar kering badan Anda ketika sesudah mandi dan setelah itu baru menggunakan pakaian. Ingat, kulit lembab merupakan salah satu penyebab berkembang biaknya jamur sehingga bisa menyebabkan panu bahkan kurap.
  • Gunakanlah pakaian yang menyerap keringat
  • Jangan terlalu lama berada dibawah sinar matahari.


Itulah cara menghilangkan panu pada kulit secara alami dan aman. So, jagalah kebersihan kulit Anda mulai dari sekarang agar kulit kita tetap sehat, bersih dan cantik.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »