14 Manfaat Daun Pepaya Yang Jarang Diketahui





Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya ? saya rasa mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini karena memang pepaya dengan mudah kita temukan di sekitar kita, bahkan mungkin sebagian dari kita menanamnya diperkarangan rumah. Selain enak dan manis, buah pepaya yang telah matang juga sering kali digunakan dan dimanfaatkan sebagai masker wajah karena memang buah pepaya ini dipercaya bisa mencerahkan kulit wajah serta menghilangkan jerawat.

Nah, selain buahnya yang sering dimanfaatkan dan dikonsumsi ternyata daun pepaya juga mempunyai beragam manfaat yang mungkin jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Gak percaya ? yuk kita simak saja ulasannya dibawah ini mengenai apa saja manfaat dari daun pepaya ini.

Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan



Manfaat Daun Pepaya


1. Dapat mengatasi kanker
Salah satu manfaat hebat dari daun pepaya adalah sebagai pencegah kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang sampai saat ini belum ada obatnya sehingga tak heran apabila banyak orang yang menganggap bahwa kanker merupakan penyakit mematikan.

Nah, untuk mencegah penyakit kanker ini maka tidak terlalu susah karena cukup dengan mengkonsumsi daun pepaya saja maka itu sudah cukup

2. Menghambat pertumbuhan bakteri
Daun pepaya yang dibuat menjadi jus mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, dan bakteri. Daun pepaya sering dijadikan sebagai obat tradisional yang dapat menghilangkan cacing yang merusak usus. Zat tannin yang ada pada daun pepaya melindungi usus dari infeksi ulang pada lapisan dinding usus agar cacing tidak menempel di dinding usus.

3. Meningkatkan sistem imun
Manfaat daun pepaya yang tidak kalah baiknya yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. daun pepaya ini bisa melawan infeksi virus seperti virus flu biasa. Daun pepaya secara alami mampu membantu regenerasi sel darah putih dan trombosit.

4. Mengatasi penyakit malaria
Kandungan yang ada pada daun pepaya juga dapat mengatasi penyakit malaria. Anda dapat menjadikan daun pepaya sebagai jus. Konsumsilah jus daun pepaya tersebut secara rutin, walaupun rasanya pahit tetapi demi kesembuhan Anda itu lebih baik. Dibeberapa belahan dunia juga menggunakan daun pepaya sebagai profilaksis untuk mencegah malaria didaerah endemis.

5. Mencegah demam berdarah
Demam berdarah adalah penyakit yang dapat dikategorikan sebagai penyakit mematikan. Penyakit ini disebabkan oleh virus dengue yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypty. Untuk mengatasi masalah tersebut, jus daun pepaya dapat menjadi metode tradisional untuk menyembuhkan demam berdarah tanpa efek samping. Beberapa penellitian menunjukkan bahwa ekstrak duan pepaya memilliki enzim papain yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah. Disarankan untuk mengonsumsi jus daun pepayaa sebanyak 25ml setiap 2 kali sehari selama satu minggu agar hasilnya terbukti.

6. Mengurangi nyeri saat haid
Kebanyakan wanita masa kini, lebih memilih obat-obatan instan untuk mengatasi nyeri saat haid. Hal itu tentunya kurang baik bagi kita karena mungkin akan menimbulkan efek samping. Daripada memilih cara instan tetapi tidak baik bagi tubuh, lebih baik kita memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita seperti daun pepaya. Jus daun pepaya sangat dipercaya dapat mengurangi nyeri saat datang bulan. Caranya dengan merebus 1 daun pepaya dengan sedikit ditambahkan asam jawa dan garam. Lalu campurkan dengan segelas air tunggu hingga mendidih. Setelah itu, minumlah ramuan tersebut saat Anda datang bulan.

7. Membantu sistem pencernaan
Manfaat enzim papain pada daun pepaya juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan berguna mengobati gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan Anda. Pada buku The Complete Herbal Panduan : A Natural Approach to Healing the Body “rebusan daun pepaya dapat mengurangi rasa mulas dan meningkatkan nafsu makan. Daun pepaya juga dapat dipercaya membantu mencerna gluten protein gandung yang bagi sebagian orang dikenal dengan penyakit celiac.

8. Dapat mengatasi jerawat
Tahukah Anda bahwa daun pepaya dapat mengatasi jerawat pada wajah Anda. Hal ini sangat efektif untuk Anda yang mengalami masalah pada jerawat. Caranya pun cukup simple, langkah pertama yang harus Anda lakukan siapkan daun pepaya muda yang sudah dikeringkan. Setelah itu blender dengan air sampai bentuknya seperti pasta. Kemudian ambil pasta tersebut dan gunakan sebagai masker pada wajah. Diamkan sekitar 15-30 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Meningkatkan trombosit
Daun pepaya sangat penting karena mampu meningkatkan jumlah trombosit pada Anda yang memiliki trombosit yang rendah. Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa daun pepaya memang sangat ampuh untuk mempercepat menaikan jumlah trombosit pada tubuh.

10. Dapat membersihkan kulit
Dalam daun pepaya terdapat senyawa karpain yang mampu menghambat mikroorganisme dan racun lainnya. hal ini dapat membuat kulit tampak lebih bersih dan menghindarkan kulit dari beberapa masalah seperti jerawat, flek hitam dan bintik-bintik noda. Caranya pun hanya dengan menjadikan daun pepaya sebagai masker wajah.

11. Sebagai kondisioner alami
Daun pepaya juga dapat dimanfaatkan sebagai kondisioner bersamaan dengan santan dan madu yang dapat membuat rambut berkilau. Ramuan tersebut dapat membuat rambut subur dan melembutkan rambut kasar yang sulit diatur.

12. Dapat menghilangkan ketombe
Manfaat daun pepaya selanjutnya dapat menghilangkan ketombe. Jika kulit kepala Anda terdapat ketombe, Anda dapat mencoba ekstrak daun pepaya yang mengandung senyawa karpain sebagai shampoo alami untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala Anda.

13. Mengobati Masuk Angin
Daun pepaya dapat dijadikan sebagai obat masuk angin. Kandungan zat-zat yang ada pada daun pepaya dapat menghilangkan penyakit masuk angin. Cara memanfaatkannya adalah dengan mengonsumsi ramuan daun pepaya. Hal yang perlu Anda lakukan adalah rebus daun pepaya, daun sembung, jinten, sirih, jahe dan gula jawa dengan air secukupnya hingga mendidih. Setelah itu saring ramuan tersebut dan minum air rebusannya. Untuk hasil yang maksimal, minumlah ramuannya selagi hangat.

14. Mengatasi penyakit diabetes
Karena rasanya yang pahit, daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes. Senyawa yang terkandung didalam daun pepaya mampu mengatur kadar gula dalam darah sehingga tetap stabil. Selain dengan mengonsumsi air rebusan daun pepaya Anda harus mengimbanginya dengan menjaga makanan yang Anda konsumsi agar semua berjalan dengan seimbang.


Itulah 14 manfaat daun pepaya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. So, meskipun pahit ternyata daun pepaya ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita.




Share this :

loading...
Previous
Next Post »