Cara Meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit





Apakah Anda pernah mengalami yang namanya demam ? mungkin saya rasa hampir setiap orang didunia ini pernah mengalaminya. Seperti yang kita ketahui, ketika kita jatuh sakit maka tubuh akan terasa lemas, panas dan tidak bertenaga sehingga membuat kita menjadi malas untuk melakukan berbagai aktivitas. Tidak hanya itu saja, bahkan demam atau sakit juga bisa membuat berat badan kita menjadi turun karena akibat berkurangnya nafsu makan.

Berkurangnya nafsu makan saat kita sedang sakit merupakan sesuatu yang wajar karena biasanya apabila kita sedang sakit maka mulutpun akan terasa pahit sehingga makanan yang enak sekalipun seolah menjadi tidak enak dilidah kita. Padahal ketika sakit, kita sangat membutuhkan yang namanya makanan karena hal ini sangat berpengaruh besar terhadap proses penyembuhan.

Cara meningkatkan nafsu makan saat sakit


Nah, baiklah maka dari itu bagi Anda yang merasa tidak selera makan saat sedang sakit maka dibawah ini ada beberapa cara meningkatkan nafsu makan saat sedang sakit. Penasaran ? yuk kita simak saja tulisan dibawah ini.


Cara Meningkatkan Nafsu Makan Saat Sakit


1. Ciptakan Suasana Menyenangkan
Ketika sedang sakit biasanya kita tidak menyukai suasana yang ribut apalagi banyak suara-suara bising karena akan membuat kepala kita menjadi tambah pusing. Semua orang pasti menginginkan suasana yang tenang agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat.

Nah selain membuat kita merasa nyaman, ternyata suasana yang tenang dan menyenangkan sangat membantu kita karena hal ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan kita saat sedang sakit. Maka dari itu, bagi Anda yang tidak selera makan ketika sedang sakit maka cobalah untuk menciptakan suasana yang menyenangkan agar nafsu makan Anda kembali meningkat.

2. Hindari Gorengan dan Makanan Bersantan
Ketika kondisi tubuh kita fit maka mengkonsumsi makanan bersantan dan gorengan memang sangatlah enak dan menggugah selera, tetapi apabila tubuh Anda sedang tidak fit atau demam maka makanan bersantan ataupun makana yang digoreng sangatlah tidak dianjurkan karena makanan ini bisa menyebabkan Anda menjadi mual dan muntah.

Nah, maka dari itu sebaiknya hindarilah makanan tersebut dan pilihlah makanan yang direbus atau sedikit santan agar perut Anda tidak mual.

3. Konsumsi Makanan Berenergi Tinggi
Makanan berenergi sangat penting bagi kamu yang sedang sakit karena bisa membantu mempercepat proses penyembuhan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa, ketika kita sakit maka tubuh akan mengalai penurunan energi sehingga maka dari itu kita harus mengembalikan energi tersebut dengan mengkonsumsi makanan berenergi seperti sup, telur, soto daging dan makanan lainnya.

4. Makanlah Dalam Porsi Kecil Tapi Sering
Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa ketika kita jatuh sakit maka segela makanan menjadi tidak enak karena lidah terasa pahit. Nah, untuk mengatasi hal ini agar nafsu makan kita tidak menurun maka cobalah untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil dan sedikit sehingga tidak terlalu mengenyangkan tetapi usahakan agar makan dengan frekuensi yang sering.

5. Sajikan Makanan Dengan Tampilan Menarik
Kemudian, cara terakhir untuk membuat nafsu makan Anda menjadi meningkat adalah dengan menyajikan makanan yang mempunyai tampilan menarik. Meskipun sedikit merepotkan tetapi benar-benar ampuh untuk menggugah selera makan Anda.


Itulah cara meningkatkan nafsu makan saat sakit yang bisa Anda coba dirumah. Ingat, makanan merupakan salah satu faktor penentu kesembuhan Anda saat sedang sakit. Semakin mau Anda makan maka akan semakin cepat Anda sembuh.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »