5 Pertolongan Pertama Bagi Penderita Sesak Nafas





Sesak nafas yang sering datang secara tiba-tiba memang sering kali menjengkelkan, apalagi rasa sesak tersebut selalu datang secara berulang maka lama-kelamaan hal ini akan membuat kita menjadi khawatir dan takut. Sesak nafas bukanlah masalah yang sepele karena apabila kita tidak mendapatkan pertolongan pertama ketika sedang mengalami sesak nafas maka bukan tidak mungkin sesak nafas ini bisa menyebabkan seseorang menjadi meninggal.

Walaupun sesak nafas adalah penyakit yang cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir secara berlebihan apalagi panik saat sesak nafas menyerang Anda, tetaplah tenang dan kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan pertolongan pertama dan cara mengatasi sesak nafas yang datang secara tiba-tiba tersebut.

Pertolongan pertama sesak nafas dan cara mengatasi nya




Pertolongan Pertama Bagi Penderita Sesak Nafas


1. Bawa ke Tempat Nyaman dan Tenang
Ketika dada mulai terasa sesak dan Anda mulai mengalami kesulitan saat bernapas maka cobalah untuk pergi ketempat yang nyaman dan tenang. Dengan pergi ketempat yang tenang dan jauh dari kerumunan banyak orang akan membuat Anda lebih leluasa dalam menghirup udara sehingga pernapasan yang tadinya terasa berat pasti akan menjadi ringan kembali. So, jangan diam saja ketika Anda melihat teman atau saudara mengalami sesak nafas, bawalah mereka ketempat yang tenang dan nyaman secepat mungkin.

2. Posisi Setengah Duduk
Kemudian pertolongan selanjutnya bagi Anda yang sering mengalami sesak nafas secara tiba-tiba adalah dengan cara tidur setengah duduk. Posisi tidur setengah duduk ini tidaklah terlalu susah, cukup berikan bantal dibelakang punggung atau kepala Anda sebagai ganjalan agar kepala tidak sama tinggi dengan kaki. Posisi seperti ini sangat membantu bagi Anda yang sedang mengalami sesak nafas karena bisa membuat paru-paru kita lebih mengembang sehingga memudahkan oksigen untuk masuk ke paru-paru.

3. Mengajarkan Nafas Panjang dan Dalam
Pertolongan selanjutnya adalah dengan mengajarkan si penderita sesak nafas untuk menarik nafas yang panjang dan dalam. Caranya sangat mudah yaitu tariklah nafas panjang dan dalam menggunakan hidung lalu coba tahan selama 3 detik, setelah itu hembuskan kembali lewat mulut. Tekhnik pernafasan seperti ini mampu merelaksasi tubuh dan bisa mengurangi stres yang Anda rasakan.

4. Longgarkan Pakaiannya
Melonggarkan pakaian juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi sesak nafas, hal ini setidaknya bisa mengurangi rasa sesak yang kita rasakan. Kemudian mintalah tolong kepada teman atau sahabat untuk memijat jempol kaki Anda dibagian atas karena itu merupakan titik syaraf dari paru-paru.

5. Periksa ke Dokter
Cara terakhir untuk menolong penderita sesak nafas adalah dengan membawanya ke dokter. Apabila sesak nafas yang Anda rasakan tidak juga berkurang dan semakin parah maka secepat mungkin untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan pertolongan lebih lanjut yaitu berupa pemberian oksigen atau nebulizer.


Itulah pertolongan pertama pada penderita sesak nafas yang bisa Anda lakukan dirumah. Ingat, setiap orang tentunya memiliki gejala sesak nafas yang berbeda-beda dan tidaklah sama sehingga jangan sampai salah dalam memberikan penanganan. Sesak nafas ini juga bisa mengindikasikan bahwa tubuh Anda mempunyai masalah kesehatan yang serius. So, segera periksakan pada dokter apabila sesak nafas yang Anda rasakan terus datang secara berulang agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat serta cepat.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »