Trypophobia : Pengertian, Penyebab dan Cara Mengatasinya





Bagi Anda yang aktif di media sosial terutama facebook tentunya sudah tidak asing lagi dan mungkin sering melihat orang-orang yang membagikan gambar atau foto lubang-lubang kecil seperti gelembung yang sangat menjijikan, bahkan terkadang didalam lubang-lubang kecil tersebut terdapat hewan seperti belatung yang membuat kita semakin mual melihatnya.

Nah, berawal dari rasa penasaran dan banyaknya orang yang membagikan foto-foto semacam itu maka saya mulai mencari informasi apa sih penyebab yang membuat kulit tangan mereka terdapat lubang-lubang kecil yang menjijikan. Apakah itu akibat suatu penyakit atau hanya foto editan.

Apa itu Trypophobia dan cara mengatasinya

Setelah saya browsing dan membaca dari beberapa sumber ternyata foto-foto yang sering membuat saya mual tersebut ternyata hanyalah editan. Foto tersebut hanya menguji apakah Anda seorang Trypophobia atau tidak.


Apa Itu Trypophobia


Apa sih Trypophobia itu ? Trypophobia adalah kondisi dimana kita merasa takut berlebihan, mual merinding, gatal dan perasaan tidak nyaman ketika melihat lubang-lubang kecil berbentuk asimetris yang berada di permukaan kulit. Selain takut terhadap lubang-lubang kecil yang ada di permukaan kulit, biasanya para penderita Trypophobia juga merasa takut ketika melihat lubang kecil-kecil yang terdapat pada spons, sarang lebah, jamur dan benda lainnya yang memiliki lubang-lubang kecil.

Kata Trypophobia ini sebenarnya ditemukan pertama kali pada tahun 2005 yang mana istilah ini merupakan kombinasi dari dua kata yaitu trypo (Yunani) yang artinya lubang dan fobia. Didalam dunia medis sendiri, Trypophobia atau fobia terhadap lubang-lubang kecil tidaklah ada dan para peneliti juga belum mengetahui apa yang menyebabkan seseorang mengalami Trypophobia.

Martin Antony, seorang Psikolog dari Ryerson University di Toronto mengatakan bahwa rasa takut dan jijik yang dialami oleh seseorang bisa berasal dari mana saja sehingga Ia menganggap bahwa Trypophobia merupakan sesuatu yang wajar dan bukanlah fobia yang sesungguhnya.

"Takut dan jijik memang menular. Secara teknis, hampir semua hal yang memicu reaksi jijik biasanya juga memunculkan rasa takut akan sebuah penyakit," papar Antony, seperti yang dikutip dari Popular Science.

Cara Mengatasi Trypophobia


Meskipun sudah dijelaskan diatas bahwa Trypophobia bukanlah suatu fobia yang sesungguhnya tetapi tetap saja banyak orang yang mengaku bahwa mereka telah mengalami Trypophobia sehingga merasa takut, jijik dan merinding setelah melihat lubang-lubang kecil.
Nah, bagi Anda yang merasa mengalami Trypophobia maka cobalah beberapa terapi dibawah ini

1. Hipnoterapi
Cara pertama yang bisa Anda coba untuk menghilangkan perasaan takut terhadap lubang-lubang kecil ini adalah dengan cara hipnoterapi. Hipnoterapi merupakan salah satuc ara yang paling popluer digunakan untuk mengurangi dan menghilangkan fobia yang kita alami.

2. Desentiasi Sistematis
Apa itu desentiasi sistematis ? desentiasi sistematis adalah salah satu cara untuk mengurangi rasa takut para penderita trypophobia terhadap lubang-lubang kecil. Biasanya si penderita dibuat rilek lebih dulu dan di suruh untuk membayangkan sesuatu yang menyenangkan sehingga membuat mereka menjadi nyaman, lalu setelah itu baru di perlihatkan gambar lubang-lubang pada tubuh manusia pada si penderita.

3. Abreaksi
Kemudian cara selanjutnya adalah dengan abreaksi. Abreaksi ini adalah terapi yang cukup bisa diandalkan untuk mengurangi rasa takut Anda terhadap trypophobia ini. Cara terapi ini biasanya si penderita di perlihatkan terlebih dahulu gambar-gambar atau foto lubang-lubang kecil dari kejauhan, setelah agak sedikit terbiasa lalu baru foto tersebut didekatkan pada penderita.


Itulah cara mengatasi trypophobia dan terapi pengobatan yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini menambawah wawasan dan bermanfaat untuk Anda. Silahkan bagikan agar lebih banyak orang yang mengetahui hal ini.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »