10 Gejala Penyakit Jantung Yang Sering di Sepelekan





Banyak orang yang mengatakan bahwa gejala penyakit jantung diawali dengan rasa sakit di dada. Hal tersebut memang benar tetapi Anda juga harus mengetahui bahwa tanda-tanda jantung bermasalah tidak hanya berawal dari rasa nyeri pada bagian dada saja tetapi masih banyak gejala-gejala lainnya yang bisa menjadi suatu pertanda bahwa kesehatan jantung Anda sedang terganggu.

Gejala awal penyakit jantung ini memang terkadang terlihat sepele sehingga maka dari itu tak heran apabila terkadang banyak orang yang mengabaikan peringatan yang telah di berikan oleh tubuh mereka. Nah, baiklah bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanda atau gejala dari penyakit jantung yang sering kali jarang kita sadari maka silahkan simak tulisan dibawah ini.

Gejala Penyakit Jantung, tanda-tanda dan ciri-ciri penyakit jantung




Gejala Awal Penyakit Jantung


1. Mual dan Sakit Perut
Tentu saja mual dan sakit perut ini tidak selalu menandakan bahwa itu adalah gejala dari penyakit jantung tetapi meskipun demikian Anda tetap saja harus waspada karena mual dan sakit perut secara tiba-tiba dan apalagi di iringi dengan nyeri pada bagian dada maka hal ini bisa menjadi satu pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah. Biasanya gejala ini lebih sering dialami oleh para wanita.

2. Pusing
Sama halnya dengan sakit perut, pusing juga bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Tetapi Anda harus memperhatikan, apabila pusing ini disertai dengan rasa ketidaknyamanan di dada dan membuat Anda menjadi sesak napas maka hal tersebut adalah pertanda bahwa jantung Anda sedang bermasalah. Biasanya ketika jantung sudah mulai terganggu kesehatan nya maka jantung tidak bisa bekerja secara optimal untuk memompa darah keseluruh tubuh sehingga menyebabkan tekanan darah anda menjadi rendah dan membuat kepala menjadi pusing.

3. Sering Lelah
Rasa lelah merupakan sesuatu yang wajar, apalagi bagi mereka yang kesehariannya selalu melakukan pekerjaan-pekerjaan berat sehingga tidak ada yang perlu Anda khawatirkan apabila tubuh merasa lelah sehabis bekerja karena cukup dengan beristirahat maka rasa lelah tersebut akan hilang. Nah, meskipun rasa lelah ini adalah sesuatu yang wajar tetapi Anda tetap saja harus memperhatikan hal yang sepele seperti ini. Jika Anda sering merasa lelah tanpa sebab, apalagi rasa lelah tersebut tidak hilang berhari-hari maka itu bisa dikatakan sudah tidak wajar dan Anda harus waspada karena hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kesehatan jantung Anda sedang tidak baik.

4. Rasa Tidak Nyaman di Dada
Adanya rasa nyeri atau ketidaknyamanan pada dada merupakan tanda umum yang sangat mudah dirasakan oleh banyak orang sebagai gejala awal dari serangan jantung. Biasanya rasa ketidak nyamanan ini berlangsung selama beberapa menit. Nah, maka dari itu apabila dada Anda sudah terasa sesak seperti ada tekanan yang besar dan nyeri maka segeralah untuk memeriksakan diri kedokter agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

5. Mendengkur
Siapa sangka jika ternyata mendengur juga bisa menjadi satu pertanda bahwa ada yang tidak beres ada jantung Anda. Seseorang yang sering kali mendengkur keras, seperti terengah-engah dan kadang seperti tersedak adalah salah satu tanda bahwa orang tersebut sedang mengalami sleep apnea atau berhenti bernapas sejenak saat tidur.

Sleep apnea ini sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda karena hal ini bisa menyebabkan tekanan ekstra pada jantung. Apabila terus dibiarkan maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda beresiko terkena penyakit jantung.

6. Nyeri yang menyebar ke tangan
Kemudian gejala selanjutnya yang bisa menjadi satu pertanda dari penyakit jantung adalah yaitu adanya rasa nyeri pada tubuh bagian kiri yang diawali dari dada dan menjalar hingga ke arah luar yaitu terkadang pada lengan bagian sebelah kiri. Nah, apabila Anda sering merasakan hal ini maka secepatnya periksakan kondisi Anda kepada dokter.

7. Keringat Dingin
Apabila tubuh mengeluarkan keringat dingin yang dibarengi dengan rasa nyeri pada bagian dada maka segera secepat mungkin untuk menghubungi dokter karena ini merupakan gejala awal serang jantung. Penanganan yang cepat dan tepat harus segera dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang lebih buruk lagi.

8. Pembengkakan
Gejala atau tanda dari penyakit jantung yang selanjutnya adalah yaitu adanya pembengkakan pada tubuh, terutama pada pergelangan kaki. Apabila kesehatan jantung sudah terganggu maka fungsinya tidak akan optimal lagi sehingga menyebabkan darah menjadi berbalik arah dan menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh tertentu.

Gagal jantung juga dapat membuat ginjal lebih sulit membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh sehingga menimbulkan pembengkakan di area tubuh bagian bawah.

9. Detak Jantung Tidak Normal
Bagi Anda yang sering merasakan jantung berdebar tanpa ada sebab maka hal tersebut juga harus diwaspadai karena ini bisa menjadi satu pertanda dari penyakit jantung. Jantung yang berdebar kencang tanpa sebab atau melakukan aktivitas apapun biasanya disebut fibrilasi atrial.

Fibrilasi atrial adalah kelainan detak jantung. Selama AF, atrium tidak memompa semua darah mereka ke ventrikel dan bagian tubuh yang lain, sehingga berisiko terjadi stroke atau gagal jantung.

10. Sakit Kepala
Kemudian gejala penyakit jantung yang sering disepelekan adalah sakit kepala. Meskipun sakit kepala ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor lainnya tetapi anda juga mesti waspada karena terkadang sakit kepala yang sering Anda rasakan bisa jadi adalah satu pertanda bahwa ada masalah pada jantung Anda. Fungsi jantung yang tidak optimal akan membuat aliran darah ke otak tidak menjadi terganggu sehingga menyebabkan kepala menjadi sakit.


Itulah gejala awal penyakit jantung yang harus Anda waspadai. Jangan pernah sepelekan gejala-gejala atau sinyal yang telah diberikan oleh tubuh Anda karena mencegah lebih baik daripada mengobati.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »