6 Bahaya Obat Nyamuk Bakar dan Semprot Bagi Kesehatan





Sampai saat ini obat nyamuk bakar dan obat nyamuk semprot masih menjadi pilihan utama dan paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membasmi serta membunuh nyamuk-nyamuk nakal yang ada didalam rumah. Meskipun penggunaan obat nyamuk bakar dan semprot ini terbilang praktis tetapi tahukah Anda ternyata kandungan yang terdapat didalam obat nyamuk tersebut bisa membahayakan kesehatan kita.

Bahan pembuatan obat nyamuk bakar maupun semprot ini banyak mengandung zat-zat kimia berbahaya, yang mana apabila bahan-bahan kimia tersebut terus menerus terhirup dan masuk kedalam tubuh kita maka hal ini bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh dan bahkan yang paling parah yaitu bisa menyebabkan penyakit kanker.

Bahaya Obat Nyamuk Bakar dan Semprot Bagi Kesehatan


Nah, berikut dibawah ini ada beberapa kandungan zat berbahaya yang dihasilkan oleh obat bakar nyamuk atau semprot dan sangat berbahaya bagi kesehatan.


Bahaya Obat Nyamuk Bakar dan Semprot Bagi Kesehatan


1. Polutan
Polutan akibat obat nyamuk, terutama obat nyamuk bakar lebih berbahaya dibandingkan polutan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Polutan atau asap obat nyamuk yang terhirup secara terus menerus akan menyebabkan paru-paru Anda menjadi rusak. Seperti yang kita ketahui, paru-paru adalah organ tubuh yang cukup vital karena organ tersebut fungsinya sebagai alat pernapasan bagi manusia sehingga apabila kesehatan nya tergganggu sedikit saja maka akan menyebabkan Anda menjadi kesulitan untuk bernapas atau mengalami sesak napas.

2. Karsinogen
Obat nyamuk juga menghasilkan zat karsinogen, yang mana zat tersebut bisa dikatakan sangat ampuh untuk membunuh nyamuk. Namun sayangnya, zat karsinogen ini tidak hanya ampuh untuk membunuh nyamuk tetapi juga bisa membunuh manusia itu sendiri. Zat karsinogen yang masuk kedalam tubuh tidak hanya mengganggu pernapasan Anda saja tetapi juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

3. Deet
Obat nyamuk juga mengandung deet, yang mana biasanya zat kimia ini terdapat pada obat nyamuk semprot. Jangan tertipu dengan iklan yang mengatakan bahwa obat nyamuk semprot itu aman, hal ini sangat disayangkan karena ternyata zat kimia yang bernama deet ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan kita. Apabila terkena kulit maka bisa menyebabkan Anda terkena insomnia, iritasi dan perut terasa mual seakan mau muntah. Selain itu, deet yang tertelan akan menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, mengakibatkan kerusakan saraf hingga bahkan kematian.

4. Nikotin
Bukan hanya rokok ternyata obat nyamuk juga mengandung nikotin. Bahkan kandungan nikotin didalam obat nyamuk yang dibakar selama 8 jam sama dengan rokok 100 batang. Bagaimana, mengerikan bukan ? padahal hanya 8 jam Anda membakar obat nyamuk tapi bahayanya sama halnya dengan 100 batang rokok. Ini tentunya akan sangat mengkhawatirkan bagi kesehatan Anda dan keluarga, apabila terus berlanjut maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan beresiko terkena berbagai macam penyakit mematikan.

5. Pyretrhum
Kandungan berbahaya pada obat nyamuk bakar dan semprot selanjutnya adalah pyrethrum. Pyrethrum ini sendiri dihasilkan dari sari bunga krisan dan dimanfaat oleh orang zaman dahulu sebagai pembunuh insektsida. Dampak dari zat yang satu ini cukup mematikan bagi manusia, orang yang sering terpapar zat pyrethrum ini sangat rentan terkena penyakit asma, batuk, kejang hingga keracunan.

6. Formaldehida
Zat yang satu ini juga terdapat pada obat nyamuk bakar dan semprot. Apabila formaldehida ini terus-menerus terhirup dan masuk kedalam tubuh Anda setiap hari maka lama-kelamaan  akan membuat Anda beresiko terkena penyakit sinusitis, mual, batuk serta bahkan kanker sinus.


Itulah bahaya yang terkandung didalam obat nyamuk bakar dan semprot yang harus Anda ketahui. Racun dari obat nyamuk bakar dan semprot ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita sehingga maka dari itu sebaiknya bijaklah didalam menggunakan nya dan jangan termakan oleh iklan-iklan yang mengatakan bahwa obat nyamuk itu aman. Tetap jaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah Anda agar nyamuk-nyamuk tidak berkembang biak dan banyak bersarang di rumah Anda sehingga hal ini bisa meminimalisir penggunaan obat nyamuk dirumah.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »