8 Penyakit Mematikan Akibat Asap Rokok





Bahaya asap rokok tidak hanya untuk perokok itu sendiri tetapi juga bisa berdampak negatif bagi orang yang berada disekitar Anda. Asap rokok yang Anda hembuskan tidak serta merta hilang dengan begitu saja, meskipun terkadang asap tersebut sudah tidak bisa kita lihat dengan mata ataupun kita rasakan dengan penciuman bukan berarti asap rokok yang Anda hembuskan tadi sudah hilang tetapi asap tersebut masih akan bertahan di udara hingga 2-3 jam kedepan sehingga hal ini tentunya tidak hanya merugikan si perokok itu sendiri tetapi juga sangat merugikan orang lain karena seperti yang kita ketahui bahwa paparan asap rokok ini bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena beragam penyakit berbahaya nan mematikan.

Bahaya asap rokok pemicu kematian


Apa saja penyakit berbahaya nan mematikan yang dapat di timbulkan akibat asap rokok ini ?  yuk kita simak saja selengkapnya dibawah ini.


Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan


1. Gangguan Pernafasan
Penyakit pertama yang diakibatkan oleh asap rokok adalah yaitu gangguan pernafasan. Seseorang yang kecanduan merokok biasanya sangat rentan terkena penyakit paru-paru, bahan-bahan kimia yang terkandung didalam rokok ini bisa menyebabkan perubahan struktur pada fungsi saluran pernapasan dan jaringan paru-paru kita sehingga hal ini memicu terjadinya penumpukan lendir serta terjadi peradangan ringan yang mana penumpukan lendir dan peradangan ini akan membuat kita semakin sulit ketika mengambil nafas. Bahkan, apabila Anda tetap nekat dan terus merokok maka bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti Anda akan terkena kanker paru-paru.

2. Kanker
Bagi Anda para perokok mungkin sudah memahami betul peringatan yang ada pada bungkus rokok. Di sana tertulis bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit mengerikan termasuk penyakit kanker. Namun sayangnya meskipun sudah ada peringatan tetapi masih banyak juga orang yang tidak mau berhenti merokok dan menganggap sepele peringatan tersebut.
Anda tidak boleh mengabaikan peringatan tersebut karena menurut data yang menyebutkan bahwa telah ditemukan beberapa kasus, dimana seseorang mengalami kanker mulut yang disebabkan akibat panas dari asap rokok. Tidak hanya kanker mulut, merokok juga bisa menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit kanker kerongkongan dan usus.

3. Penyakit Jantung
Asap rokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung. Asap rokok bisa mengganggu irama jantung dan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Apabila pembuluh darah kita sudah tersumbat maka pasokan oksigen ke jantung juga berkurang sehingga hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan jantung Anda dan bisa beresiko menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner.

4. Merusak Otak
Kandungan nikotin pada asap rokok sangatlah berbahaya karena zat tersebut bisa menyebabkan penyempitan serta penyumbatan pada pembuluh darah di otak sehingga hal ini tentunya dapat mengganggu suplai oksigen ke otak. Nah, apabila suplai oksigen ke otak sudah tidak lancar maka bisa berdampak negatif untuk kesehatan otak Anda dan bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan mengalami kerusakan pada otak.

5. Asma
Bahaya asap rokok selanjutnya yaitu bisa bisa menyebabkan Anda terkena penyakit asma. Beberapa studi mengatakan bahwa asap rokok ini merupakan penyebab terbesar munculnya penyakit asma pada orang dewasa.

6. Batuk
Tidak hanya menyebabkan gangguan pada pernafasan, merokok juga bisa menyebabkan seseorang terkena batuk. Jika Anda tidak percaya maka silahkan lihat saja orang-orang yang sudah merokok lama, biasanya rata-rata dari mereka akan mengalami batuk. Selain batuk, biasanya mereka juga mengalami nyeri pada bagian dada.

7. Kebutaan
Menurut sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007, orang-orang yang gemar atau kecanduan merokok dikatakan empat kali lebih besar beresiko mengalami kebutaan dibandingkan mereka yang tidak merokok. Bahkan hal ini telah tertulis dengan jelas sebagai peringatan pada bungkus rokok bahwa merokok bisa menyebabkan kebutaan hanya saja Anda selalu mengabaikan hal ini.

8. Gangguan Medis Lainnya
Selain penyakit diatas, masih banyak penyakit lainnya yang diakibatkan oleh asap rokok ini. Beberapa gangguan medis lainnya adalah yaitu bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi, mengganggu kesuburan, menyebabkan katarak hingga membuat gigi menjadi kuning.

Bahaya Perokok Pasif


Perokok pasif adalah istilah bagi mereka yang tidak merokok tetapi ikut menghirup asap rokok dari teman atau orang yang berada disekitarnya. Perokok pasif ini sangatlah berbahaya, bahkan bahaya perokok pasif bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan mereka yang merokok aktif. Makin sering mereka terpapar asap rokok maka resiko mengalami gangguan kesehatan semakin besar

-Bahaya Perokok Pasif Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang menjadi perokok pasif dan terlalu sering terpapar asap rokok sangat beresiko mengalami keguguran, lahir prematur hingga melahirkan bayi cacat. Nah, maka dari itu bagi Anda mempunyai suami perokok maka sebaiknya mintalah mereka untuk menjauh ketika sedang merokok karena seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa paparan asap rokok bisa membahayakan kesehatan bayi yang ada didalam kandungan Anda.

-Bahaya Perokok Pasif Pada Anak

Anak-anak yang menjadi perokok pasif dan terlalu sering menghirup asap rokok yang dihembuskan oleh ayahnya maka sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit. Penyakit yang paling sering menyerang anak-anak yang menjadi perokok pasif biasanya adalah pilek, asma, batuk, alergi hingga infeksi saluran pernafasan.


Itulah beberapa bahaya asap rokok bagi kesehatan, yang mana bisa menimbulkan berbagai macam penyakit mematikan. Untuk itu, jauhilah yang namanya rokok karena merokok bisa dikatakan tidak ada manfaatnya dan dampaknya tidak hanya bagi perokok itu sendiri tetapi juga sangat mengganggu dan membahayakan kesehatan orang lain.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »