Cara Mengatasi Diare Dengan Cepat dan Aman





Diare adalah suatu kondisi dimana tinja atau feses berubah menjadi cair dan menyebabkan penderitanya menjadi lebih sering buang air besar dibandingkan biasanya. Meskipun diare ini bisa sembuh dengan sendirinya tetapi kita tidak boleh menyepelekan penyakit yang satu ini terutama diare pada anak-anak dan balita karena ternyata diare ini termasuk salah satu penyebab kematian paling umum pada balita dan anak-anak.

Gejala diare pada setiap orang tentunya berbeda, biasanya ada orang yang hanya merasakan sakit perut sebentar saja dan kondisi tinja tidak terlalu encer. Ada pula yang merasakan kram pada perutnya dan ketika buang air besar (BAB), tinjanya sangat encer. Namun apabila diare yang Anda alami sudah termasuk diare parah maka terkadang biasanya bisa menyebabkan penderitanya merasakan mual dan demam.

Cara Mengatasi Diare Dengan Cepat dan Aman


Nah ngomong-ngomong masalah diare, berikut dibawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi diare.


Cara Mengatasi Diare Dengan Cepat dan Aman


1. Oralit Buatan Sendiri
Oralit adalah salah satu obat andalan yang paling sering digunakan untuk mengatasi diare. Meskipun oralit sudah banyak dijual dipasaran tetapi tidak ada salahnya jika kita membuat sendiri oralit dirumah karena cara membuat oralit untuk diare ini sendiri sangatlah mudah.

Anda tinggal siapkan saja satu gelas air hangat, lalu masukan garam sebanyak setengah sendok makan dan gula dua sendok makan kedalam gelas yang berisi air hangat tersebut kemudian aduk hingga garam dan gula larut didalam air. Oralit buatan Anda sudah jadi dan tinggal dikonsumsi.

2. Ramuan Daun Jambu Biji
Selain oralit, daun jambu biji muda juga bisa diandalkan untuk mengatasi diare. Ketika dulu saya terkena diare, orang tua selalu mengambilkan daun jambu biji muda sebagai obat untuk mengatasi diare. Cara mengobati diare dengan daun jambu biji ini sangatlah mudah yaitu Anda cukup mengambil daun pucuk jambu biji, pastikan Anda mengambil pucuk daun nya yang masih muda. Setelah itu, haluskan daun jambu biji tersebut dengan ditambahkan beberapa tetes air serta sedikit garam dapur dan apabila sudah maka silahkan dikonsumsi ramuan tersebut.

3. Membeli Obat Diare
Apabila Anda malas untuk membuat ramuan oralit atau ramuan daun jambu biji maka salah satu cara paling praktis yaitu dengan membeli obat yang dijual dipasaran. Pada saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkan obat diare karena memang sudah banyak toko obat atau apotek yang menyadiakan obat diare, bahkan obat diare ini juga bisa kita beli dari warung-warung rumahan terdekat.

Tips Mempercepat Penyembuhan Diare


Apabila Anda sudah mengkonsumsi obat, baik itu obat yang dijual dipasaran atau obat alami seperti oralit atau ramuan daun jambu biji maka bukan berarti Anda langsung sembuh tetapi ada beberapa faktor lainnya yang harus Anda lakukan agar proses penyembuhan penyakit diare bisa cepat dan tidak bertambah parah.

1. Perbanyak Mengkonsumsi Air Putih
Ketika kita diare biasanya cairan tubuh kita akan banyak terbuang sehingga untuk itu kita sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih agar tidak terjadi dehidrasi. Selain air putih, anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi jus buah terutama yang mengandung kalium seperti semangka dan alpukat agar kondisi tubuh anda cepat pulih dan terbebas dari penyakit diare ini.

2. Istirahat Cukup
Ketika Anda sudah mengalami gejala diare seperti sering buang air besar dan tinja encer maka selain mengkonsumsi obat, Anda juga harus beristirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja ketika Anda sedang mengalami diare karena hal ini hanya akan menyiksa Anda nantinya. Ambilah waktu untuk beristirahat dan kompreslah perut Anda dengan air hangat. Istirahat akan membuat tubuh kita menjadi lebih baik sehingga proses penyembuhan diare bisa berjalan dengan cepat.

3. Hindari Makanan Tertentu
Apabila Anda ingin sembuh dari penyakit yang satu ini maka Anda harus menghindari makanan tertentu dalam beberapa hari kedepan karena apabila Anda tetap mengkonsumsi makanan-makanan seperti produk susu, makanan berlemak, makanan tinggi serat atau makanan berbumbu tajam serta makanan pedas maka hal ini akan semakin membuat proses penyembuhan menjadi lama. Nah apabila Anda ingin penyakit diare bisa sembuh dengan cepat maka selain wajib mengkonsumsi obat, Anda juga harus menghindari makanan-makanan diatas.

4. Konsumsi Makanan Yang Mudah di Cerna
Jika tadi diatas Anda harus menghindari beberapa makanan tertentu maka sekarang Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah di cerna. Ketika Anda terkena diare maka jangan sembarangan memilih makanan karena apabila salah didalam memilih makanan maka bisa jadi nanti diare yang Anda alami akan semakin parah.

Konsumsilah makanan yang mudah dicerna seperti roti, biskuit, telur, nasi atau ayam. Mengkonsumsi makanan semi padat dan rendah serat secara bertahap ketika Anda sedang mengalami diare akan sangat membantu didalam proses penyembuhan dan membuat buang air besar Anda kembali normal.


Itulah cara mengatasi diare dengan cepat dan aman yang bisa Anda lakukan dirumah. Ingat, diare adalah salah satu penyakit sepele namun berbahaya apabila diabaikan. Nah, maka dari itu apabila anda sudah merasakan gejala diare atau melihat tanda-tanda diare pada anak dan balita maka segera ambil tindakan. Jika diare yang Anda alami atau diare pada anak dan balita sudah sangat parah maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »