Manfaat dan Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan





Tidur dilantai memang sangat menyejukan apalagi ketika cuaca sedang panas begini, maka tidur dilantai merupakan salah satu solusi praktis yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa gerah di tubuh kita. Hawa dingin dan sejuk dari lantai bisa membuat kita lebih nyaman dan akhirnya tertidur dengan nyenyak tanpa merasa kepanasan sedikitpun.

Nah, meskipun tidur dilantai ini bisa membantu kita untuk mengurangi rasa gerah di tubuh tetapi ternyata apabila Anda keseringan tidur dilantai tanpa kasur maka juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh kita. Bahaya tidur dilantai tanpa menggunakan kasur tidak bisa dianggap sepele sehingga maka dari itu sebaiknya Anda tidak terlalu sering melakukan kebiasaan ini.

Manfaat dan Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan




Bahaya Tidur di Lantai Bagi Kesehatan


1. Gigitan Serangga
Bahaya pertama yang akan mengancam Anda apabila terlalu sering tidur dilantai tanpa menggunakan kasur adalah yaitu rentan terkena gigitan serangga. Kita tidak bisa menjamin seratus persen bahwa lantai dirumah kita bersih dan bebas serangga, bisa saja dilantai rumah Anda bukan hanya terdapat serangga semacam kecoa dan semut saja tetapi bagaimana jika tanpa disadari juga terdapat kalajengking dan kelabang maka hal ini sangat berbahaya bukan.

Nah, apabila Anda terlalu sering tidur dilantai tanpa menggunakan alas seperti kasur maka resiko Anda terkena gigitan serangga sangatlah besar.

2. Masuk Angin
Selain beresiko terkena gigitan serangga, tidur dilantai juga bisa menyebabkan Anda menjadi masuk angin. Bahaya tidur dilantai yang satu ini memang terlihat sepele tetapi cukup membuat Anda tersiksa. Masuk angin akan membuat tubuh Anda menjadi meriang, demam, sakit kepala bahkan mual dan muntah. Biasanya efek dari masuk angin ini tidak akan terasa ketika Anda baru bangun tidur tetapi baru akan terasa setelah beberapa jam saat Anda bangun tidur.

3. Penyakit Paru-Paru
Kemudian bahaya tidur dilantai selanjutnya adalah yaitu bisa menyebabkan Anda beresiko terkena penyakit paru-paru basah. Penyakit paru-paru basah ini terjadi akibat lantai tempat Anda tidur tidak bersih sehingga masih banyak terdapat kotoran dan kuman. Nah, kotoran dan kuman yang ada dilantai rumah Anda tersebut bisa dengan cepat berpindah dan masuk ke paru-paru Anda sehingga paru-paru kita mengalami peradangan. Biasanya gejala yang timbul akibat dari peradangan paru-paru ini adalah batuk-batuk, pusing, tidak nafsu makan, tubuh menjadi kurus dan terlihat lemah.

4. Menyebabkan Sakit Punggung
Tekstur lantai yang keras juga bisa menyebabkan sakit pada punggung kita. Hal ini disebabkan karena otot tubuh dan tulang tidak bisa santai ketika tidur dilantai, tekstur lantai yang keras akan membuat tulang dan otot kita berada pada posisi yang terpaksa. Nah, apabila hal ini terus berlanjut maka lama-kelamaan akan menyebabkan kelainan pada bentuk tubuh Anda.

5. Sinusitis
Kemudian bahaya tidur dilantai yang terakhir adalah yaitu bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit sinusitis. Sinusitis adalah suatu kondisi dimana adanya suatu peradangan pada dinding sinus yang disebabkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Gejala yang timbul akibat penyakit sinusitis biasanya seperti gejala influenza yaitu sakit kepala, hidung tersumbat, cairan dari hidung berlebihan dan bersin-bersin berkepanjangan.

Manfaat Tidur di Lantai Bagi Kesehatan

Selain mempunyai bahaya, tidur di lantai ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Manfaat tidur dilantai ini cukup banyak yaitu diantaranya adalah bisa membantu melancarkan peredaran darah dan membantu meredakan sakit atau nyeri pada leher. Tidak hanya itu saja, bahkan tidur dilantai ini juga mempunyai manfaat dari segi pikiran dan relaksasi.


Itulah manfaat dan bahaya tidur dilantai bagi kesehatan yang mungkin jarang  Anda ketahui. Meskipun tidur dilantai ini memiliki manfaat tetapi sebaiknya jangan dilakukan setiap hari dan cukup sesekali saja agar tidak membahayakan kesehatan Anda.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »