9 Tanda Anda Mengandung Anak Kembar





9 Tanda Anda Mengandung Anak Kembar
Apa sih tanda-tanda seorang wanita sedang mengandung anak kembar ? jika pertanyaan tersebut ditanyakan kepada orang awam seperti kita maka tentu saja kita tidak mengerti akan hal tersebut karena memang untuk mengetahui apakah seorang wanita mengandung anak kembar atau tidak harus dilakukan USG ke dokter kandungan. Meskipun untuk memastikan apakah Anda mengandung anak kembar atau tidak harus melakukan tes USG tetapi ternyata menurut beberapa orang zaman dahulu mengatakan bahwa sebenarnya seorang ibu hamil tersebut sudah bisa merasakan tanda-tanda yng muncul diawal kehamilan apakah mereka sedang hamil anak kembar atau tidak.

Meskipun tanda-tanda kehamilan bayi normal dan kehamilan bayi kembar ini sangat sulit dibedakan secara kasat mata tetapi apabila para wanita hamil mau sedikit peka maka tanpa melakukan USG pun, sebenarnya wanita hamil pun bisa merasakan apakah mereka sedang mengandung anak kembar atau tidak.

Setidaknya berikut dibawah ini ada beberapa tanda-tanda atau gejala yang menunjukan bahwa Anda sedang mengandung anak kembar. Apa saja tanda-tanda tersebut ? mari simak saja selengkapnya dibawah ini.

Tanda-Tanda Mengandung Anak Kembar


1. Intuisi
Biasanya beberapa wanita memiliki intuisi yang kuat mengenai kehamilan mereka, apalagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga yang juga pernah melahirkan bayi kembar. Maka dari itu terkadang tak heran apabila ada beberapa wanita yang sudah mengetahui terlebih dahulu tanpa melakukan USG  jika mereka telah mengandung anak kembar. Namun, sayangnya bagi wanita yang baru pertama kali mengandung biasanya mereka agak sedikit sulit membedakan apakah mereka sedang mengandung anak kembar atau tidak.

2. Mual Berlebihan
Setiap wanita hamil pastinya mengalami yang namanya mual, pusing dan muntah di pagi hari atau yang biasanya disebut morning sicks.  Nah, apabila perasaan mual, pusing dan muntah yang Anda alami ini telah berlebihan maka ini bisa menjadi satu pertanda bahwa Anda sedang mengandung anak kembar. Rasa mual dan muntah yang hebat ini biasanya disebabkan karena pada wanita yang sedang mengandung anak kembar terjadi peningkatkan hormon HCG yang cukup tinggi.

3. Berat Badan Naik Drastis
Coba perhatikan berat badan Anda, meskipun semua wanita hamil mengalami kenaikan berat badan tetapi biasanya pada wanita yang sedang mengandung anak kembar sering kali terjadi kenaikan berat badan yang cukup pesat pada trimester pertama. Apabila Anda merasakan hal ini maka bisa jadi Anda berpotensi sedang mengandung anak kembar.

4. Rahim Semakin Membesar
Kemudian tanda selanjutnya bahwa Anda sedang mengandung anak kembar adalah terjadinya pembesaran rahim pada trimester pertama. Rahim wanita yang mengandung bayi tunggal biasanya sekitar 38x40 cm, sedangkan pada wanita yang mengandung anak kembar biasanya berkuran 48 cm. Apabila Anda mendapati rahim yang semakin membesar padahal usia kehamilan masih trimester pertama maka bisa dipastikan bahwa Anda sedang mengandung anak kembar.

5. Mudah Lelah
Wanita hamil yang mengandung anak kembar biasanya sangat cepat merasa lelah, meskipun mereka hanya melakukan aktivitas ringan sekalipun. Selain aktivitas sehari-hari, morning sicks yang berlebihan juga turut menjadi penyebab mengapa wanita yang sedang mengandung anak kembar menjadi cepat lelah. Perasaan mual dan selalu ingin muntah membuat ibu hamil menjadi sulit untuk makan sehingga tubuh mereka menjadi semakin lemah karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Salah satu cara untuk mengusir kelelahan yaitu dengan mendapatkan dorongan dari keluarga terutama dari suami.

6. Intoleransi Pada Makanan Tertentu
Wanita hamil bayi kembar biasanya akan mengalami intoleransi ekstrim terhadap bau, tekstur dan penampilan pada makanan tertentu. Biasanya makanan yang sangat dihindari adalah makanan laut, daging, kopi, teh atau beberapa makanan lainnya dengan bau yang menyengat.

7. Hormon HCG Meningkat
Hormon HCG ini akan muncul saat wanita sedang hamil, fungsinya yaitu menjaga plasenta agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Ketika hormon ini muncul maka tubuh Anda akan mulai beradaptasi, yang mana proses adaptasi ini menimbulkan rasa mual dan ingin muntah pada ibu hamil. Nah, apabila Anda sedang mengandung anak kembar maka tentu saja produksi hormon ini akan semakin meningkat sehingga menyebabkan Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan. Coba perhatikan, jika Anda merasa mual secara berlebihan maka itu pertanda bahwa Anda sedang mengandung anak kembar. Hormon ini dapat dideteksi di dalam darah atau air seni walaupun sebelum Anda berhenti menstruasi.

8. Ukuran Kandungan Lebih Besar
Tanda anak mengandung anak kembar selanjutnya yaitu biasanya bisa kita lihat dari ukuran kandungan Anda, Wanita yang sedang mengandung anak kembar biasanya perut mereka akan tampak lebih besar dibandingkan usia kandungan nya. Hal itu menandakan bahwa ada dua janin didalam kandungan Anda.

9. USG
Kemudian terakhir adalah dengan menggunakan USG. Ini adalah satu-satunya cara paling ampuh untuk mengetahui apakah Anda sedang mengandung anak kembar atau tidak dan hasilnya juga pasti akurat sehingga Anda tidak akan penasaran dan menebak-nebak lagi.


Itulah 9 tanda Anda mengandung anak kembar, meskipun terkadang tidak semua wanita hamil yang peka akan tanda-tanda tersebut tetapi setidaknya setelah membaca ini Anda menjadi mengetahuinya. Untuk mendapatkan hasil yang akurat maka tentunya Anda harus memeriksakan diri dan melakukan USG ke dokter kandungan.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »