Bahaya Akibat Jarang Buang Air Besar Bagi Kesehatan

Bahaya Akibat Jarang Buang Air Besar Bagi Kesehatan

Buang air besar merupakan kegiatan rutin yang seharusnya setiap hari terjadi pada setiap orang. Namun tidak sedikit juga orang yang mengalami gangguan pencernaan sehingga BAB tidak lancar. Tentu saja hal ini tidak baik karena bisa ada bahaya akibat jarang buang air besar bagi kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh.

Beberapa penyakit serius tanpa disadari disebabkan oleh masalah BAB yang tidak lancar. Padahal untuk mengatasi sulit BAB ini cukuplah mudah, dengan memenuhi asupan serat setiap hari yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran segar maka gangguan pencernaan seperti susah BAB ini bisa terhindarkan. Berikut ini beberapa penyakit yang diakibatkan oleh BAB yang tidak lancar.

Bahaya Akibat Jarang Buang Air Besar Bagi Kesehatan


1. Perut Kembung/Begah
Setiap hari manusia terus mengkonsumsi makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika tidak diimbangi dengan proses pengeluaran yang lancar tentu akan mengakibatkan suatu masalah. Susah buang air besar akan membuat penumpukan kotoran di sistem pencernaan. Kotoran yang tidak segera dikeluarkan ini lama kelamaan akan menumpuk sehingga menimbulkan rasa sesak dalam perut. Tidak sedikit juga menyebabkan rasa sakit hingga begah/kembung.

2. Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. penyakit jantung atau serangan jantung ini biasa terjadi para seseorang dengan usia lanjut, namun akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang masih sangat muda namun sudah terjangkit penyakit jantung. Salah satu penyebab dari penyakit yang satu ini adalah buang air besar tidak lancar setiap hari. Untuk itu jika mengalami masalah ini segera cari solusinya.

3. Penyakit Wasir
Bahaya akibat jarang buang air besar bagi kesehatan yang sebagian besar penderita tidak bisa hindari adalah penyakit wasir. Penyakit dengan nama lain ambein ini harus diwaspadai karena bisa menyebabkan pendarahan yang sangat membahayakan kesehatan. Sebaiknya jaga kebersihan makanan agar terhidar dari masalah pencernaan seperti jarang buang air besar.

4. Kanker Usus
Kotoran yang tidak segera dikeluarkan dari tubuh tentu sangat membahayakan.  Jika Anda jarang buang air besar maka untuk terserang penyakit kanker usus  semakin besar. Kanker usus merupakan penyakit yang menyerang bagian usus dan biasanya bagian usus ini ditumbuhi oleh tumor.
Radang Usus Besar

Sebesar 80% orang di dunia pernah mengalami susah buang air besar. Kondisi ini jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan radang usus besar. Ketika seseorang mengalami susah buang air besar biasanya disebabkan oleh feses yang mengeras. Tentu hal ini sangat tidak baik karena bisa menyumbat ujung saluran usus.

Parahnya selain menyumbat usus bisa ikut meradang dan bahkan hingga pecah dan menginfeksi organ tubuh bagian dalam.

5. Penyakit Turun Berok
Bahaya akibat jarang buang air besar bagi kesehatan jika terjadi pada pria adalah bisa menyebabkan penyakit turun berok. Penyakit turun berok atau hernia ini biasanya terjadi karena seorang pria yang mengangkat beban terlalu berat. Namun susah BAB juga bisa mengakibatkan penyakit hernia. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit turun berok maka sebaiknya konsumsi makananan tinggi serat dan jaga kebersihan makanan yang Anda konsumsi.


Itulah beberapa bahaya akibat jarang buang air besar bagi kesehatan. Agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut maka konsumsilah cukup air putih, buah-buahan seperti pisang, stroberi, pepaya, yogurt dan makanan tinggi serat lain. Jika masalah susah buang air besar ini tidak kunjung sembuh maka segera periksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang lebih lanjut.

Share this :

Previous
Next Post »