Cara Membuat Lulur Kunyit Untuk Badan Dengan Mudah





Cara Membuat Lulur Kunyit Untuk Badan

Kebanyakan orang Indonesia menginginkan memiliki kulit putih dan bersih. Oleh karena itu berbagai produk pemutih kulit bermunculan dari mulai yang harganya puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Bahkan di salon-salon kecantikan untuk perawatan agar tubuh menjadi putih, diperlukan biaya yang mencapai jutaan rupiah. Sebenarnya untuk menjadi putih Anda tidak harus mengeluarkan uang banyak jika mengetahui cara membuat lulur kunyit untuk badan.

Kunyit yang dijadikan lulur bisa mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki kulit putih bersih dengan cara tradisional. Perawatan tubuh menggunakan bahan-bahan alami tentu jauh lebih murah dan minim akan efek samping sehingga banyak dipilih.

Berikut ini informasi untuk Anda bagaimana cara memutihkan kulit menggunakan kunyit.

Cara Membuat Lulur Kunyit Untuk Badan


Kunyit sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai bidang kesehatan maupun kecantikan. Nenek moyang kita juga sudah menggunakan kunyit untuk merawat tubuh mereka mulai dari dijadikan jamu hingga dijadikan ramuan untuk merawat kulit. Penggunaan kunyit sebagai lulur tidak lain adalah untuk meremajakan kulit sehingga tampak lebih putih dan bersih.

Sebelum mengetahui cara membuat lulur kunyit untuk badan, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat lulur ini.

Bahan lulur kunyit :

1. Kunyit bubuk sebanyak 10 gram
2. Tepung beras 60 gram
3. Susu bubuk 5 gram
4. Bubuk temu giring 25 gram
5. Air mawar secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, selanjutnya adalah bagaimana cara membuat lulur kunyit untuk badan. Pertama-tama campurkan kunyit bubuk, tepung beras, temu giring dan bubuk susu menjadi satu lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Agar menjadi pasta, tambahkan air mawar secukupnya.

Cara Menggunakan Masker Kunyit

Setelah semua bahan tercampur rata dan lulur siap digunakan, balurkan lulur ke seluruh bagian tubuh hingga merata. Akan jauh lebih baik jika saat mengaplikasikan lulur sambil melakukan pijatan lembut. Diamkan lulur beberapa saat lalu gosok kulit menggunakan tangan agar sel-sel kulit mati dan kotoran di atas permukaan kulit bisa terangkat. Sebaiknya penggosokan ini dilakukan setelah lulur dalam keadaan setengah kering.

Setelah semua kotoran terangkat, mandi dengan air hangat agar tidak ada sisa-sisa kotoran yang menempel. Setelah bersih ulangi menggunakan air biasa agar pori-pori kulit tertutup kembali. Sebaiknya lakukan perawatan kulit menggunakan lulur kunyit ini 2 kali dalam seminggu agar kulit tetap putih dan bercahaya.

Manfaat Lulur Kunyit


1. Memperlambat pertumbuhan bulu
Selain bermanfaat untuk memutihkan dan menghaluskan kulit, lulur kunyit juga mampu memperlambat pertumbuhan bulu-bulu halus yang ada di kulit. Untuk memperlambat pertumbuhan bulu, lulur kunyit bisa ditambahkan dengan tepung chickpea.

2. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini ditandai dengan munculnya garis-garis halus, kulit terasa kendor dan kering. Hal yang paling ditakuti oleh setiap wanita ini bisa diatasi dengan menggunakan lulur kunyit secara rutin.

3. Mengatasi pigmentasi
Aktivitas sehar-hari yang dilakukan di luar ruangan akan membuat kulit terbakar sehingga tampak hitam. Lulur kunyit bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi hal ini karena kunyit merupakan ramuan herbal alami yang dikenal memiliki kandungan anti inflamasi dan antiseptik sehingga mampu mendinginkan kulit yang terpapar sinar matahari.

Campuran jus mentimun dan parutan kunyit bisa dijadikan lulur untuk mengatasi pigmentasi akibat paparan sinar matahari ini. Warna kulit Anda akan kembali normal apabila mengaplikasikan lulur kunyit  secara rutin. Tidak perlu waktu lama, cukup 20 hingga 30 menit saja.


Itulah cara membuat lulur kunyit untuk badan dan manfaatnya untuk kecantikan kulit yang bisa Anda coba sebagai perawatan alternatif di bidang kecantikan.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »