Ciri-Ciri Iritasi Kulit Karena Kosmetik dan Cara Mengatasinya





Ciri-Ciri Iritasi Kulit Karena Kosmetik

Kosmetik merupakan suatu kebutuhan dasar bagi sebagian besar wanita. Keberadaannya tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan. Namun sebagian besar wanita tidak tahu ciri-ciri iritasi kulit karena kosmetik sehingga tetap menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit ataupun kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Karena kosmetik berfungsi untuk menunjang penampilan maka banyak wanita tergiur dengan produk kosmetik yang belum tentu aman untuk kesehatan kulit, untuk itu sebelum membeli sebuah kosmetik atau make up sebaiknya perhatikan betul-betul kandungan yang ada dari kosmetik tersebut. Beberapa produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit seseorang biasanya akan menimbulkan iritasi, untuk itu kenali gejala iritasi akibat penggunaan kosmetik serta bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Iritasi Kulit Karena Kosmetik


1. Rasa Panas dan Gatal
Ciri-ciri iritasi kulit karena kosmetik yang pertama adalah kulit terasa panas dan gatal setelah menggunakan suatu produk tertentu. Rasa panas yang disertai gatal ini menandakan bahwa kosmetik yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit Anda. Apabila setelah menggunakan kosmetik tertentu dan merasakan hal ini maka sebaiknya segera hentikan pemakaian agar tidak menimbulkan gejala yang lebih serius.

2. Kulit Wajah Memerah
Kulit wajah menjadi memerah merupakan tanda paling sering  dialami oleh seseorang yang mengalami iritasi kulit. Tiap orang akan mengalami reaksi yang berbeda-beda tergantung dari jenis kulitnya. Sebagian orang akan mengalami perubahan warna kulit secara langsung setelah pemakaian kosmetik namun ada sebagian juga yang mengalami hal ini setelah pemakaian dalam jangka waktu cukup lama.

Kulit wajah yang berubah menjadi memerah merupakan tanda bahwa jenis kulit Anda tidak cocok dengan kosmetik tersebut, biasanya disebabkan karena kandungan pada kosmetik tidaklah aman. Sebaiknya hentikan segera pemakaian produk jika kulit berubah menjadi merah agar wajah tidak rusak.


3. Wajah Bengkak
Ciri-ciri iritasi kulit karena kosmetik selanjutnya adalah berupa bengkak pada wajah. Bengkak yang terjadi pada daerah sekitar mata biasanya disebabkan karena penggunaan eyeliner, eyeshadow dan juga maskara yang tidak cocok. Biasanya kondisi ini disertai dengan rasa gatal dan munculnya warna merah pada mata.

Cara Mengatasi Iritasi Akibat Kosmetik


1. Mentimun
Jika Anda mengalami iritasi akibat penggunaan kosmetik maka bisa menggunakan mentimun untuk mengatasinya karena buah ini mengandung nutrisi dan vitamin yang bisa melembabkan kulit. Caranya adalah dengan menghaluskan mentimun lalu taruh dalam sebuah wadah. Rendam kapas ke dalam parutan mentimun dan dinginkan dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin gunakan untuk masker wajah.

2. Minyak Zaitun
Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mengatasi iritasi akibat penggunaan kosmetik. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang tinggi sehingga mampu melembabkan, melembutkan hingga menyembuhkan iritasi pada kulit. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun ke bagian kulit wajah yang mengalami iritasi sambil dipijat lembut.

3. Teh Hijau
Teh hijau tidak hanya bagus dikonsumsi untuk mengurangi berat badan, namun bisa juga digunakan untuk mengatasi iritasi akibat penggunaan kosmetik. Hal ini disebabkan karena teh hijau mengandung zat anti inflamasi yang bisa membantu tubuh menyempitkan pembuluh darah  di kulit. Selain itu teh hijau juga bisa mengatasi radang dan kemerahan akibat iritasi.

Itulah beberapa ciri-ciri iritasi kulit karena kosmetik beserta dengan bagaimana cara mengatasinya. Apabila tanda-tanda di atas sudah dirasakan maka segera hentikan penggunaan kosmetik tersebut untuk menghindari kerusakan kulit yang jauh lebih parah lagi.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »