Efek Buruk Mencuci Wajah dengan Sabun Mandi





Efek Buruk Mencuci Wajah dengan Sabun Mandi

Setelah seharian melakukan aktivitas yang padat dan melelahkan mengakibatkan tubuh dan wajah menjadi kotor. Tubuh dan wajah yang kotor ini merupakan penyebab dari timbulnya masalah pada kulit jika tidak segera dibersihkan. Saat mandi biasanya orang sering menggunakan sabun mandi untuk membersihkan seluruh tubuh, termasuk wajah. Ternyata ada efek buruk mencuci wajah dengan sabun mandi yang belum diketahui banyak orang.

Efek Buruk Mencuci Wajah dengan Sabun Mandi


1. Kandungan Pelembab Tidak Sesuai
Kandungan pelembab yang ada pada sabun mandi tidak sesuai digunakan untuk membersihkan wajah. Hal ini dikarenakan kandungan pelembab sabun mandi lebih banyak jika dibandingkan dengan sabun khusus untuk wajah. Jika Anda sering membersihkan wajah dengan sabun mandi akan membuat kulit wajah menjadi berminyak karena kandungan pelembab yang terlalu banyak tadi.

Dengan menggunakan sabun pencuci khusus wajah akan menjadikan kulit wajah menjadi bersih dan tidak akan berminyak ataupun kering. Kandungan pelembab yang ada pada sabun khusus wajah sesuai dengan kondisi kulit wajah sehingga aman untuk digunakan.

2. Kadar pH Tidak Sesuai dengan Kulit Wajah
Efek buruk mencuci wajah dengan sabun mandi yang berikutnya dikarenakan kadar pH yang ada pada sabun mandi tidak sama seperti kadar pH yang digunakan pada sabun wajah. Dengan kadar pH yang berbeda ini menjadikan sabun mandi tidak boleh digunakan untuk mencuci wajah. Kandungan pH yang ada pada sabun mandi lebih keras jika dibandingkan dengan pH pada sabun wajah.

Kandungan pH pada sabun mandi lebih keras karena manfaat dari sabun mandi yang ditujukan untuk membersihkan badan, bukan wajah. Hal ini karena kulit badan lebih tebal jika dibandingkan dengan kulit pada wajah. Kulit pada area wajah lima kali lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit pada anggota tubuh lainnya. Sehingga menggunakan sabun khusus wajah dengan pH yang tepat menjadikan kulit tidak kering.

3. Kotoran Pada Pori-pori Tidak Terangkat
Efek buruk mencuci wajah dengan sabun mandi yang selanjutnya adalah tidak bisa membersihkan kulit wajah dengan optimal, karena kotoran yang ada pada pori-pori kulit tidak ikut terangkat. Sehingga menggunakan sabun mandi untuk membersihkan wajah kurang cocok karena hanya mampu membersihkan kotoran yang ada di permukaan kulit saja.

Kotoran yang masuk ke bagian kulit terdalam tidak bisa dibersihkan dengan sabun mandi. Tentu pengaruhnya akan buruk bagi kesehatan kulit wajah. Karena kotoran pada wajah bisa masuk ke bagian terdalam dari tubuh, maka membersihkan wajah dengan sabun khusus wajah merupakan hal yang harus dilakukan.

Dengan menggunakan sabun khusus wajah, kotoran yang ada pada pori-pori wajah dapat terangkat dengan baik. Hal ini dikarenakan sabun khusus wajah memiliki butiran halus yang mampu masuk ke dalam pori-pori wajah. Sehingga kotoran dan sel kulit mati mampu terangkat dengan optimal.

4. Bakteri lebih Mudah Menempel pada Wajah
Efek buruk berikutnya yang ditimbulkan karena memakai sabun mandi untuk wajah adalah bisa menyebabkan bakteri lebih mudah menempel pada wajah. Sabun mandi biasanya mudah sekali terkena bakteri jika dibandingkan dengan sabun wajah. Hal ini karena sabun mandi yang biasanya disimpan begitu saja di ruangan terbuka. Sehingga debu yang ada pada udara lebih mudah menempel.

Selain debu dari udara, tangan yang kotor juga menyebabkan kuman menempel pada sabun mandi. Karena keadaan sabun mandi yang kurang bersih jika digunakan untuk membasuh wajah ini sebaiknya gunakan sabun khusus wajah agar efek buruk mencuci wajah dengan sabun mandi dapat dihindari.


Bagaimana setelah membaca artikel diatas, apakah Anda masih mau mencuci wajah dengan sabun mandi ? ada baiknya Anda hentikan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang karena efek mencuci wajah dengan sabun mandi sangat buruk untuk kulit wajah Anda.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »