Obat Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung





Obat Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung merupakan masalah kesehatan yang hampir tiap orang pernah mengalaminya. Kembung sendiri merupakan keadaan dimana perut terasa penuh dan kencang akibat dari gas yang berlebihan. Saat kembung biasanya perut akan membuncit sehingga bisa menimbulkan rasa kurang nyaman. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa menggunakan ramuan obat tradisional untuk mengatasi perut kembung.

Ada banyak sekali penyebab yang menimbulkan kembung mulai dari faktor makanan dan cara makan seperti bicara sambil makan, makan terlalu cepat, minum menggunakan sedotan, merokok, mengunyah permen karet dan lain-lain.


Perut kembung ini biasanya disertai dengan kentut dengan frekuensi yang cukup sering. Selain itu kembung juga akan menimbulkan beberapa gejala seperti sendawa, mual, masuk angin dan perut terasa tidak nyaman.

Obat Tradisional Untuk Mengatasi Perut Kembung


1. Jahe
Selain dijadikan sebagai bumbu dapur, jahe juga sering digunakan untuk meracik berbagai ramuan tradisional. Jahe mengandung senyawa aktif berupa shogalos dan gingerol yang bisa meredakan peradangan pada usus.

Masalah perut kembung bisa diatasi dengan mudah menggunakan jahe yang direbus bersama gula merah untuk menambah rasa manis. Tumpukan gas yang ada pada usus kecil bisa segera keluar jika Anda mengkonsumsi minuman tradisional yang satu ini. Jahe juga sering dijadikan minuman penghangat tubuh. Keadaan tubuh yang hangat akan membuat badan berkeringat sehingga badan nyaman dan pencernaan pun menjadi lancar.

2. Teh Chamomile
Obat tradisional untuk mengatasi perut kembung selanjutnya adalah teh bunga chamomile. Teh chamomile ini mengandung zat anti inflamasi dan anti spasmodik yang mampu membuat perut terasa nyaman. Agar badan kembali nyaman dan kembung hilang, seduh teh bunga chamomile dan tambahkan satu sendok madu murni.

3. Jeruk Nipis
Jeruk nipis merupakan buah dengan rasa asam yang tinggi akan kandungan Vitamin C. Vitamin C ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga badan tidak mudah sakit.

Jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung dan begah. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis dan gunakan air perasan jeruk ini untuk dijadikan minuman hangat sehingga perut kembung segera bisa teratasi.

4. Bawang Merah
Bumbu dapur yang bisa melezatkan makanan ini bisa juga dijadikan ramuan tradisional untuk mengatasi masalah perut kembung. Cara mengatasi perut kembung menggunakan bawang merah ini sangatlah mudah, Anda tinggal memarut beberapa siung bawang merah dan campurkan dengan minyak kayu putih secukupnya. Ramuan ini bisa Anda gunakan untuk mengolesi perut agar terasa hangat.

5. Teh Manis Hangat
Tidak sedikit orang yang menjadikan teh sebagai minuman favorit mereka. Apabila Anda mengalami perut kembung dan terasa tidak nyaman maka bisa diatasi dengan mudah. Meminum teh hangat saat perut terasa tidak nyaman merupakan pilihan tepat. Namun sebaiknya jenis teh yang dipilih adalah teh hijau ataupun teh hitam.

6. Daun Pepaya
Daun pepaya memang memiliki rasa pahit. Namun dibalik rasanya yang kurang sedap ini daun pepaya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk untuk mengatasi perut kembung. Daun pepaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi perut kembung bisa dibuat dengan cara merebusnya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa mencampurkan beberapa sendok madu. Minum ramuan ini selagi hangat agar perut kembung bisa segera teratasi.


Itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi perut kembung yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Menggunakan bahan-bahan alami tentu jauh lebih baik daripada obat-obatan kimia yang memiliki efek samping.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »