Penyebab Kepala Botak di Tengah dan Cara Mengatasinya





Penyebab Kepala Botak di Tengah dan Cara Mengatasinya

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Memiliki rambut lebat dan indah merupakan kebanggaan tersendiri. Namun karena beberapa hal rambut bisa menjadi rontok sehingga bisa menimbulkan kebotakan. Biasanya kebotakan terjadi pada seseorang yang telah menginjak usia 50 tahun ke atas, namun kini tidak sedikit juga kita temui beberapa orang yang mengalami kebotakan di usia muda. Stress merupakan salah satu penyebab kepala botak di tengah yang sering terjadi.

Mengkonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu cara untuk menghindarkan Anda dari kebotakan. Selain konsumsi makanan bernutrisi, beberapa ramuan alami seperti lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kebotakan ini.

Agar bisa melakukan penanganan yang tepat, akan jauh lebih baik jika Anda mengetahui penyebab dari kebotakan. Hal ini penting untuk diketahui karena beberapa penyakit kronis juga sering ditandai dengan kebotakan.

Penyebab Kepala Botak di Tengah


1. Tifus
Seseorang yang sedang menderita penyakit tifus biasanya akan mengalami kerontokan pada rambutnya. Penderita tifus akan mengalami sakit kepala atau pusing dan tubuh terasa lemas sehingga harus berbaring di tempat tidur. Sakit kepala yang teramat sangat akan menjadikan rambut mudah rontok dan menimbulkan kebotakan.

Untuk mencegah kebotakan, maka sebaiknya Anda menjaga kesehatan tubuh baik dari luar maupun dalam. Hal ini penting untuk dilakukan karena kebotakan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang.

2. Kanker Darah
Penyakit kanker darah yang dialami oleh seseorang bisa menyebabkan kerontokan rambut yang akhirnya menjadikan botak. Kanker darah merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kelainan pada darah. Penyakit ini sering disebut juga dengan nama leukimia.

Penyakit kanker darah bisa menimbulkan kebotakan rambut, oleh karena  itu apabila Anda mengalami masalah kebotakan yang sudah terlalu lama namun tak kunjung sembuh maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

3. Kurang Gizi dan Stress
Penyebab kepala botak di tengah yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah kurangnya asupan nutrisi ke dalam tubuh. Asupan nutrisi yang kurang akan membuat rambut rapuh sehingga mudah patah dan akhirnya menyebabkan kebotakan.

Oleh karena itu, pastikan tubuh Anda ternutrisi dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna setiap harinya.

Selain faktor gizi, tekanan psikologis seperti stress yang berkepanjangan juga bisa menyebabkan rambut mengalami kebotakan. Untuk yang satu ini, biasanya kebotakan hanya bersifat sementara. Setelah kondisi psikologis kembali membaik maka masalah kebotakan juga akan ikut pulih.

4. Penyakit Kulit
Penyakit kulit yang menyebabkan pembentukan tukak dan beberapa penyakit autoimun dapat menyebabkan kerontokan rambut secara permanen. Beberapa penyakit kulit yang bisa menjadi  penyebab kepala botak di tengah diantaranya adalah penyakit lupus diskoid, sarkoidosis dan lichen planus.

5. Pengobatan
Biasanya penderita kanker akan menjalani serangkaian pengobatan, termasuk di dalamnya adalah kemoterapi, radioterapi dan imunoterapi. Perawatan kesehatan ini bisa menyebabkan kerontokan rambut  secara menyeluruh sehingga tidak ada satu helaipun rambut yang tersisa. Namun apabila kemoterapi dihentikan maka biasanya rambut akan kembali tumbuh seperti semula.

Cara Mengatasi Rambut Rontok


Rambut rontok karena proses alami tubuh sama sekali tidak membahayakan tubuh, contohnya seperti proses penuaan. Untuk kasus seperti ini tidak membutuhkan penanganan medis.

Jika kerontokan yang Anda alami semakin merisaukan, maka bisa menggunakan ramuan tradisional untuk menumbuhkan rambut seperti penggunaan lidah buaya untuk masker rambut ataupun menggunakan obat penumbuh rambut yang kini banyak dijual di pasaran.


Itulah beberapa penyebab kepala botak di tengah dan cara mengatasinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »