Penyebab Kulit Leher Menjadi Hitam dan Cara Mengatasinya






Kondisi kulit leher yang menghitam tentu menjadi suatu masalah cukup serius. Hal ini disebabkan karena kulit leher yang berwarna gelap bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang, terlebih lagi untuk para wanita yang aktif bekerja di kantoran. Walaupun bukan suatu penyakit yang serius ataupun berbahaya, namun jika kondisi ini terjadi pada Anda tentu ingin sekali mengetahui penyebab kulit leher menjadi hitam dan cara mengatasinya.

Ada banyak sekali penyebab kulit leher ini menghitam, begitu juga cara mengatasinya. Anda tinggal memilih hendak menggunakan cara modern yang memerlukan biaya mahal ataupun cara tradisional yang murah meriah. Jika sedang mencari penyebab serta cara mengatasi kondisi leher yang menghitam maka di bawah ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Penyebab Kulit Leher Menjadi Hitam 


Penyakit Diabetes
Kulit leher yang menghitam biasanya terjadi pada orang gemuk, selain itu penderita penyakit gula atau diabetes juga sering mengalami kondisi kulit leher yang hitam. Biasanya hampir mirip dengan kain beludru dengan warna cokelat bahkan hitam seperti daki. Penyakit diabetes akan membuat kulit mengalami resistensi terhadap insulin yang pada akhirnya mengakibatkan poliferasi epidermis dan warna kulit leher bagian luar menjadi menghitam

Genetik
Faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab mengapa kulit leher berwarna hitam. Acanthosis nigricans merupakan kondisi dimana kulit leher yang sudah berwarna hitam sejak seseorang lahir dan akan semakin bertambah parah seiring bertambahnya berat badan serta usia. Kelainan pada kelenjar endokrin juga menjadi pemicu kondisi kulit leher yang menghitam.

Hal ini disebabkan karena kelainan pada kelenjar endokrin bisa mendorong seseorang memiliki nafsu makan berlebihan yang pada akhirnya mengakibatkan obesitas dan menghitamnya kulit di sekitar leher.

Penyakit Addison dan Hypothroidism
Kondisi kulit leher yang menghitam menjadi salah satu gejala dari penyakit addison. Penyakit ini merupakan kondisi dimana kelenjar adernal tidak bisa menghasilkan hormon tertentu dalam jumlah cukup dan sering menyerang seseorang dengan rentan usia 30 hingga 50 tahun. Agar tidak menimbulkan hal yang lebih serius tentu Anda harus mengetahui penyebab kulit leher menjadi hitam dan cara mengatasinya.

Sedangkan hypothroidism merupakan kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada kelenjar tiroid ( penyakit gondok). Penyakit ini akan membuat kondisi kulit di sekitar leher menjadi menghitam.

Cara Mengatasi Kulit Leher yang Menghitam


Karena artikel ini membahas tentang penyebab kulit leher menjadi hitam dan cara mengatasinya dan penjelasan di atas sudah membahas tentang penyebabnya maka kini akan diulas bagaimana cara mengatasinya. Agar tidak menimbulkan efek samping, berikut ini ramuan tradisional yang bisa dipilih sebagai cara untuk mengatasi hitamnya kulit leher.

Lidah buaya merupakan tanaman yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi kulit leher yang hitam sehingga menjadi lebih cerah. Hal ini disebabkan karena lidah buaya mampu mencegah infeksi serta membatu tubuh membentuk sel-sel kulit baru. Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan gel lidah buaya ke seluruh bagian leher yang menghitam lalu mendiamkannya selama 20 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Selain lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan campuran air lemon dan mentimun untuk mengatasi kulit leher yang hitam. Oleskan kedua bahan ini dan diamkan selama kurang lebih 10 menit sampai mengering. Setelah itu baru bilas menggunakan air dingin.  Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi kulit leher yang menghitam.


Itulah beberapa penyebab kulit leher menjadi hitam dan cara mengatasinya. Pengobatan menggunakan ramuan herbal alami tentu jauh lebih baik dari pengobatan menggunakan bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan.



Share this :

loading...
Previous
Next Post »