Penyebab Mengapa Rambut Rontok di Usia 20-an

Penyebab Mengapa Rambut Rontok di Usia 20-an

Usia seseorang yang sudah menginjak 50 tahun ke atas biasanya kondisi rambutnya akan jauh lebih rapuh karena penyerapan nutrisi dari dalam tubuh sudah tidak bisa maksimal lagi. Tentu hal ini pada akhirnya berujung pada kebotakan. Namun saat ini banyak anak muda yang baru berusia 20-an tahun sudah mengalami kebotakan sehingga tidak sedikit dari mereka yang mencari penyebab mengapa rambut rontok di usia 20-an.

Kebotakan memang bukan suatu penyakit yang mematikan, namun masalah rambut yang satu ini mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang sehingga harus segera ditangani dengan cepat. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, perlu diketahui apa saja yang menjadi penyebab kebotakan pada usia 20-an tahun. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Penyebab Mengapa Rambut Rontok di Usia 20-an


1. Stress
Stress merupakan penyebab kebotakan nomor satu yang menyerang anak muda dengan usia 20 tahunan. Menurut para ahli stress akhir-akhir ini semakin banyak dialami oleh warga yang tinggal di daerah perkotaan karena tekanan kerja sehingga masalah kebotakan pada laki-laki dalam usia produksi.
Kekurangan Nutrisi

Nutrisi sangat diperlukan tubuh agar tetap sehat. Seperti halnya bagian tubuh lain, rambut juga membutuhkan nutrisi agar tetap terjaga kesehatannya. Rambut yang sehat tentu saja tidak mudah rontok.

Rambut merupakan bagian tubuh manusia yang terdiri dari suatu protein. Protein ini disebut dengan keratin. Apabila asupan protein ke dalam tubuh kurang maka kesehatan rambut juga akan terganggu. Untuk itu konsumsi makanan tinggi protein setiap hari merupakan suatu keharusan agar rambut terhindar dari masalah kerontokan.

Beberapa makanan yang bagus untuk kesehatan rambut diantaranya adalah telur, susu, walnut, tahu, almond dan sayur bayam.

2. Rokok dan Alkohol
Penyebab mengapa rambut rontok di usia 20-an  selanjutnya adalah kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Selain tidak baik untuk kesehatan, merokok dan konsumsi alkohol bisa menyebabkan rambut rontok pada seseorang dengan usia 20-an tahun.

Perlu Anda ketahui bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok bisa membuat pembuluh dari menjadi sempit sehingga distribusi nutrisi untuk sampai ke rambut mengalami gangguan. Nutrisi yang kurang akan menjadi penghambat rambut untuk tumbuh.

Alkohol juga bukan minuman yang baik untuk kesehatan rambut karena bisa menyerap zat besi dalam tubuh. Zat besi ini memiliki pengaruh dalam penyerapan zinc yang memiliki peran besar terhadap pertumbuhan rambut. Mengkonsumsi alkohol akan membuat seseorang mengalami dehidrasi sehingga daya serap tubuh terhadap nutrisi yang masuk menjadi terhambat.

3. Kelebihan Vitamin A
Vitamin A sangat dibutuhkan tubuh untuk kesehatan mata. Namun mengkonsumsi suplemen vitamin A ataupun obat-obatan dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Karena penyebab mengapa rambut rontok di usia 20-an adalah kelebihan vitamin A maka agar kebotakan bisa teratasi dengan menghentikan penggunaan suplemen supaya jumlah vitamin dalam tubuh kembali ke batas normal.

4. Anemia
Anemia paling banyak dialami oleh wanita berusia 20 hingga 49 tahun. Biasanya anemia terjadi pada wanita yang mengalami perdarahan hebat saat menstruasi namun tidak bisa mencukupi asupan zat besi. Anemia ini bisa menyebabkan kelelahan, tubuh lemah, pucat dan mudah mengantuk.

Agar tidak sampai menyebabkan kerontokan rambut yang parah, sebaiknya cukupi asupan zat besi supaya anemia bisa teratasi.

5. Pewarnaan Rambut
Penyebab mengapa rambut rontok di usia 20-an yang terakhir adalah penggunaan pewarna rambut. Kebiasaan buruk anak muda adalah sering gonta-ganti warna rambut sehingga rambut menjadi stress dan pada akhirnya menyebabkan kebotakan.


Itulah penyebab mengapa rambut rontok di usia 20-an. Kamu harus hindari penyebab-penyebab diatas agar rambut Anda tetap terjaga kesehatannya dan tidak mudah rontok.

Share this :

Previous
Next Post »