Bahaya Akibat Terlalu Sering Kena Angin Malam Bagi Kesehatan

Bahaya Akibat Terlalu Sering Kena Angin Malam Bagi Kesehatan


Bahaya akibat terlalu sering kena angin malam bagi kesehatan seringkali tidak diketahui karena memang efeknya yang tidak secara langsung dirasakan. Padahal ada bahaya tersembunyi yang dibawa oleh angin malam yang terasa dingin dan menyenangkan saat terkena kulit ini.

Bagi mereka yang suka keluar rumah pada malam hari, entah itu untuk urusan pekerjaan maupun hanya untuk bermain dan menyalurkan hobi saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh angin malam. Baiknya kita mengetahui apa saja masalah yang dapat ditimbulkan sehingga kita tahu bagaimana mencegahnya.

Bahaya Kena Angin Malam


1. Pneumonia
Anda sering sesak napas, batuk berdahak yang disertai nyeri dada, kemudian tangan dan kaki sering keluar keringat dingin? Bisa jadi Anda sedang mengalami gejala dari penyakit pneumonia.

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang dikarenakan virus, jamur, maupun bakteri. Angin malam yang lembab sering kali menjadi perantara bagi faktor-faktor penyebab pneumonia. 

2. Asma
Memang tidak semua orang akan serta merta terkena penyakit saluran pernapasan ini ketika keluar malam. Namun bagi mereka yang sudah memiliki bawaan penyakit asma atau memiliki risiko besar terkena asma, yang biasanya merupakan penyakit turunan, maka angin malam tentu tidak akan bersahabat dengan mereka.

Angin malam cenderung lembab dan dingin, hal ini dapat menyebabkan saluran pernapasan menyempit dan menyulitkan penderita asma untuk bernapas dengan baik. Menjauhi faktor pencetus salah satunya angin malam akan membantu penderita Asma terhindar dari bahaya akibat terlalu sering kena angin malam bagi kesehatan.

3. Gangguan Persendian
Gout arthritis atau nyeri sendi bisa akan mengganggu penderitanya ketika gejalanya muncul seperti rasa nyeri pada bagian yang sering terkena nyeri sendi atau rheumatik, bengkak dan kemerahan pada bagian yang nyeri. Salah satu penyebab gejala tersebut timbul adalah karena angin dingin. 

4. Infeksi Penyakit dari Nyamuk
Hewan yang menghisap darah ini akan mulai beraktivitas lebih giat pada malam hari. Maka risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh nyamuk juga lebih besar terjadi pada malam hari. Jika Anda terpaksa harus keluar rumah pada malam hari, gunakanlah pakaian tertutup dan gunakan lotion anti nyamuk.

5. Pencegahan
Kita memang tidak bisa sepenuhnya menghindari angin malam. Apa lagi bagi mereka yang memang harus bekerja pada malam hari. Maka perlu ada persiapan ekstra agar terhindar dari bahaya akibat terlalu sering kena angin malam bagi kesehatan.

Jika hendak keluar rumah, usahakan untuk selalu menggunakan pelindung tubuh yang tebal. Anda bisa menambahkan bantalan penahan udara yang banyak dijual di toko untuk melindungi daerah dada. Terutama bagi Anda yang berkendara dengan sepeda motor, gunakan masker untuk menutup hidung agar mengurangi angin dingin yang terhirup.

Rajin berolah raga untuk mengimbangi aktivitas Anda di malam hari. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi buah dan sayur serta suplemen vitamin jika memang diperlukan.

Usahakan untuk tidak terlalu sering berada di luar. Sering-seringlah untuk menghangatkan diri. Ketika sampai di rumah, usahakan pula untuk tidak menggunakan pendingin ruangan.

Semakin sering beraktivitas di malam hari apa lagi sampai larut, akan membuat pola tidur Anda terganggu. Pola yang tidak sesuai dengan siklus tubuh ini akan membuat daya tahan tubuh Anda menurun. Bahaya akibat terlalu sering kena angin malam bagi kesehatan akan sangat terasa ketika usia bertambah dan kesehatan tubuh sedang tidak optimal. Untuk itu usahakanlah untuk selalu memiliki pola hidup sehat.

Share this :

Previous
Next Post »