Cara Mengobati Kuku Kaki yang Rusak Secara Alami

Cara Mengobati Kuku Kaki yang Rusak Secara Alami


Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami memang sudah banyak diminati oleh kaum wanita. Cara ini merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih karena menggunakan bahan alami.

Kuku kaki dan kuku tangan memang sering kali mudah rusak, rapuh dan mengelupas. Oleh karena itu banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari mengobati sampai merawat kuku tersebut supaya tidak mudah patah dan rusak.

Untuk merawat kuku, kita juga perlu mengetahui beberapa penyakit pada kuku. Seperti kuku berjamur, Onychogryphosis, Onychomadesis, Onycholysis, Onychorrhexis dan yang lainnya. Dengan mengetahui penyakit kuku terlebih dahulu, maka kita dapat melakukan cara merawat kuku yang sesuai.

Faktor Penyebab Kuku Rusak


Kuku kaki yang rusak biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor seperi terlalu sering menggunakan sepatu yang tertutup, infeksi jamur dan sering mengganti kuku palsu dengan menggunakan lem.

Ciri-ciri kuku rusak sendiri dapat dikenali dengan kuku yang semakin rapuh, mudah patah dan kuku menjadi lebih tebal atau kaku. Tapi untuk kuku yang sehat lebih lentur dan tidak mudah patah.

Sedangkan untuk mengobati kuku kaki yang rusak dengan bahan alami dapat menggunakan beberapa bahan seperti:

1. Bawang putih
2. Jeruk nipis
3. Minyak zaitun
4. Belimbing wuluh
5. Mengkonsumsi makanan sumber kalsium
6. Rendaman air garam

1. Bawang Putih
Untuk mengobati kuku kaki yang rusak menggunakan bawang putih ini dengan menghaluskan 1 sampai 3 siung bawang putih sampai lembut. Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami adalah dengan mengoleskan pada kuku kaki atau tangan dan digosok-gosok. Biarkan bawang putih sampai mengering pada kuku dan cuci sampai bersih dengan air yang mengalir.

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis memiliki kandungan astrigen yang dapat menghilangkan warna kusam pada bagian kuku. Caranya dengan mencampur 1 sendok makan garam, 2 sendok makan air jeruk dan air panas. Rendam kaki sampai mata kaki kurang lebih 15 menit, angkat dan keringkan menggunakan kain lembut.

3. Minyak Zaitun
Minyak ini dapat melenturkan kuku dan dapat membuat kuku menjadi lebih mengkilat secara alami. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya pada kuku kaki atau tangan. Diamkan beberapa menit dan bersihkan sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin.

4. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh ini memiliki kandungan flavonoid atau anti bakteri, mengandung vitamin dan asam amino yang tinggi sehingga mampu mengobati kuku kaki yang rusak.

Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami dengan belimbing wuluh yaitu; siapkan 1 belimbing wuluh dan potong beberapa bagian. Gosokkan daging belimbing pada kuku secara merata dan diamkan sampai mengering. Bilas dengan air hangat sampai bersih, hal ini dapat dilakukan seminggu sekali.

5. Konsumsi Makanan Sumber Kalsium
Dengan mengkonsumsi makanan berkalsium maka dapat membantu menutrisi dan memperbaiki sel pertumbuhan kuku. Makanan berkalsium tersebut seperti keju, susu, ikan, sayuran hijau, buah alpukat, pepaya, apel dan mangga.
Mengkonsumsi makanan ini secara rutin maka dapat membentuk kuku yang lebih kuat. Tapi untuk hasil yang lebih maksimal perbanyak juga konsumsi air putih.

6. Rendaman Air Garam
Sedangkan untuk rendaman air garam ini berfungsi untuk mencegah bakteri tumbuh dan berkembang. Cara mengobati kuku kaki yang rusak secara alami dengan bumbu dapur yang memiliki rasa asin ini adalah dengan merendam kaki pada air garam yang hangat setiap hari. Hal ini dapat menghindarkan kuku kaki terkena infeksi setelah rusak. Rendaman air garam ini juga dapat mempercepat luka pada kuku yang rusak menjadi kering.

Share this :

Previous
Next Post »