Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Hari Raya Tiba

Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Saat Hari Raya Tiba


Lebaran sebentar lagi, kemenangan sudah di depan mata. Waktu bermaaf-maafan dan berkunjung ke tempat handai taulan merupakan ritual yang selalu dinanti-nanti. Namun awas, jangan sampai kita lupa dan kalap memakan semua hidangan yang tersedia. Jangan sampai setelah lebaran malah berat badan menjadi naik. Untuk itu kita perlu tips agar berat badan tidak naik saat lebaran.

Berat badan naik memang selalu menjadi problema bagi sebagian orang pasca puasa dan lebaran. Semua tidak lepas dari kebiasaan menyediakan hidangan dengan cita rasa manis dan berlemak. Untuk itu kita harus bisa memilih mana hidangan yang boleh kita makan tanpa harus menyinggung tuan rumah yang menghidangkan. 

1. Kurangi Makanan Manis
Ketika berkunjung ke tempat kenalan maupun kerabat kita pasti akan selalu disuguhi berbagai makanan, dan kebanyakan adalah makanan manis. Jika memungkinkan hindari mencicipi makanan tersebut, apa lagi jika jatah kunjungan Anda masih banyak.

Tetapi jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, maka makanlah dengan porsi yang sangat sedikit untuk menghargai tuan rumah. Hindari makanan yang mengandung krim, karena biasanya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Terapkan tips diet hari raya ini, maka tidak perlu takut dengan kalori.

2. Perbanyak Air Putih
Meminum air putih terlihat begitu sepele namun nyatanya banyak yang masih kesusahan untuk menerapkannya. Padahal air putih sangat baik untuk membantu tubuh menetralisir semua zat tidak berguna di dalam tubuh dan bisa menjadi Tips agar berat badan tidak naik saat lebaran. Dengan meminum air putih, metabolisme tubuh kita juga akan meningkat, sehingga lebih banyak kalori yang akan dibakar.

Perlu kita ketahui bahwa meminum minuman selain air putih malah akan mengurangi cairan di dalam tubuh terlebih minuman yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi. Hitungan sederhananya adalah, ketika kita meminum satu gelas teh atau kopi, maka kita kehilangan dua gelas cairan. Untuk itulah kita perlu lebih banyak minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh agar tidak dehidrasi.

3. Perbanyak Makan Sayur
Serat di dalam sayuran akan membantu sistem cerna kita. Pada saat lebaran biasanya makanan yang disuguhkan cenderung berminyak dan berlemak. Padahal jenis makanan tersebut dapat memperberat sistem cerna, sehingga akan menumpuk di saluran pencernaan dan membuat kita begah atau malah sulit buang air besar.

Jika menu yang dihidangkan untuk kita tidak memiliki pilihan sayur, maka makanlah dalam porsi sedikit. Kemudian saat di rumah, kita dapat membuat jus sayuran ataupun memakan sayuran mentah sebagai lalap untuk menolong usus kita mencerna makanan lebih cepat sehingga sisa makanan bisa segera dikeluarkan.

4. Olahraga
Semakin banyak kalori yang masuk maka kita harus lebih giat berolahraga untuk membuang kalori. Jika kita tidak sempat berolah raga secara intensif dikarenakan waktu dan juga kunjungan saudara yang bak air mengalir, maka lakukan olah raga ringan saja setiap kali ada waktu.

Olah raga ringan bisa menjadi tips agar berat badan tidak naik saat lebaran. Kita bisa berjalan kaki lebih sering, naik turun tangga atau bersepeda keliling kompleks. Bahkan membersihkan rumah pun juga bisa menjadi olah raga tersendiri. Pilihlah musik kesukaan untuk menemani berolahraga agar terasa menyenangkan.

Menjaga berat badan tidak perlu dilakukan dengan ekstrim. Beberapa tips agar berat badan tidak naik saat lebaran yang disebutkan di atas sangat mudah dilakukan. Dengan menjaga asupan makanan, kita dapat menikmati lebaran dengan menyenangkan tanpa harus dihantui naiknya berat badan.

Share this :

Previous
Next Post »