Waktu Mandi Yang Baik Menurut Rasulullah

Waktu Mandi Yang Baik Menurut Rasulullah


Kebersihan adalah sebagian dari iman. Untuk itulah kita harus senantiasa menjaga kebersihan, bukan hanya kebersihan lingkungan tetapi juga kebersihan diri sendiri, salah satunya dengan mandi. Ternyata ada waktu mandi yang baik menurut Rasulullah yang juga terbukti secara medis dapat membantu kita menjaga kesehatan.

Perkara mandi memang sepele, tetapi kebiasaan mandi di jam yang tidak sesuai dengan siklus tubuh akan membawa dampak pada waktu mendatang jika kita terus-menerus melakukannya. Maka ada baiknya kita mengusahakan mandi pada waktu yang disarankan agar tidak hanya bersih tetapi juga membawa dampak baik bagi tubuh.

Anjuran Waktu Mandi Yang Baik Menurut Rasulullah


1. Sebelum Fajar 
Ambilah waktu mandi sebelum subuh atau sekitar pukul dua dini hari sampai menjelang subuh.  Kebiasaan yang juga dilakukan oleh Rasul dan para Nabi ini ternyata manfaatnya juga sudah dibuktikan dalam dunia kedokteran. Air pada jam sepertiga akhir malam ini memiliki kandungan oksigen tertinggi dibandingkan dengan jam lainnya. Oksigen sangat baik bagi tubuh kita.

Manfaat dari mandi jauh sebelum matahari menyingsing ini antara lain adalah melancarkan peredaran darah, menurunkan risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi, menaikkan kinerja leukosit atau yang sering kita sebut dengan sel darah putih, memperbaiki jaringan tubuh dan meningkatkan kesehatan sistem reproduksi.

Selain tinjauan medis, menurut beberapa ulama, mandi sebelum fajar juga memiliki banyak sekali kelebihan yaitu mencegah terkena penyakit pernapasan seperti asma, badan menjadi lebih segar dan sehat, terhindar dari hal jahat, wajah bercahaya dan awet muda, serta doanya mudah dimakbulkan Allah. Segudang manfaat inilah yang menjadikan sebelum fajar adalah waktu mandi yang baik menurut Rasulullah.

2. Setelah Sholat Shubuh 
Walaupun masih ada di dalam waktu yang sangat baik, mandi pada jam setelah sholat subuh ini tidak memiliki efek sebaik saat mandi sebelum fajar. Pada jam ini yaitu sekitar pukul lima sampai sepuluh pagi, oksigen yang terkandung di dalam air mulai berkurang.

Mandi pada jam ini masih disarankan karena akan memberikan efek segar dan menghindarkan dari perasaan malas dan menghilangkan capek sehingga bisa melakukan aktivitas dengan baik. Mandi di atas jam sepuluh sudah tidak lagi dianjurkan. Namun jika terpaksa Anda bangun pada jam tersebut, sebaiknya hanya mengambil wudhu saja.

Memaksakan mandi di atas jam sepuluh malah akan membuat badan menjadi tidak segar dan rasa kantuk lebih cepat menyerang. Ini waktu yang tidak disarankan jika Anda sedang dalam jam produktif.

3. Sebelum Sholat Maghrib
Waktu mandi yang baik menurut Rasulullah selanjutnya adalah pada rentang waktu  setelah ashar sampai sebelum maghrib. Setelah selesai beraktivitas, mandi pada jam ini akan menghilangkan kepenatan.

Bersegeralah mandi, jangan sampai lewat dari waktu maghrib. Mandi setelah maghrib membawa lebih banyak dampak buruk daripada baik bagi kesehatan tubuh kita.

Menyegerakan mandi memang sangat disarankan. Jika selama ini kita sering mandi pada jam yang tidak dianjurkan, maka lebih baik kita mengganti pola mandi kita sebelum terlambat. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati? Apa lagi mandi adalah hal wajib yang tidak berat untuk dilakukan.

Memilih waktu mandi yang tepat akan membantu kita menyelesaikan segala sesuatu dengan lebih terorganisir, apa lagi untuk mereka yang membutuhkan waktu mandi cukup lama. Mengikuti teladan Rasul dengan memilih waktu mandi yang baik menurut Rasulullah akan membawa dampak baik bagi kehidupan kita. 

Share this :

Previous
Next Post »