Akibat Terlalu Sering Mencuci Wajah dengan Air Hangat



loading...


Akibat Terlalu Sering Mencuci Wajah dengan Air Hangat


Mencuci wajah termasuk dalam kegiatan rutin kita setiap harinya, terlebih lagi bagi setiap wanita. Wanita tidak bisa lepas dari berbagai makeup yang melekat di wajah mulai dari foundation, blush on, bedak padat, maskara, lipstik, eyeliner dalam setiap aktivitas yang mereka jalankan, untuk itu mencuci wajah menjadi ritual wajib. Agar cepat bersih, tidak sedikit yang mencuci wajah menggunakan air hangat walau ada akibat terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat yang justru bisa merusak kulit.

Mencuci wajah menggunakan air hangat sangatlah tidak direkomendasikan bagi mereka pemilik kulit kering ataupun berminyak. Hal ini lantaran dapat memicu terjadinya kulit yang semakin kering. Sebenarnya mencuci muka menggunakan air hangat ataupun air dingin masih menjadi teka-teki dan perbedaan pendapat satu sama lainnya. namun, artikel berikut telah merangkum dari berbagai sumber mengenai akibat jika Anda mencuci wajah menggunakan air hangat yang bisa dijadikan referensi lebih. 

Akibat Terlalu Sering Mencuci Wajah dengan Air Hangat 


1. Menjadikan Kulit Kering dan Iritasi
Kita pasti sering mendengar petuah “basuh muka menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin untuk menutup pori-pori kulit”. Dan pastinya tidak sedikit dari mereka yang melakukannya bukan? Namun sebenarnya apakah petuah tersebut sudah benar? Kini saatnya Anda mengetahui jika wajah manusia sebenarnya tidak mempunyai otot untuk membuka ataupun menutup pori-pori. 

Air hangat yang diberikan pada kulit wajah justru akan menjadikan kulit semakin kering dan rentan terjadinya iritasi. Oleh karena itu hindari kebiasaan ini dan saatnya beralih menggunakan air dingin dalam membersihkan wajah setiap harinya. 

2. Kulit Terlihat Kasar dan Kusam
Akibat terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat selain menjadikan kulit kering juga dapat membuat kulit terlihat kasar dan kusam. Hal ini dikarenakan air hangat bisa memperburuk kulit wajah, dengan dilakukan secara terus menerus maka membuat kulit kelembabannya berkurang dan memicu terjadinya kulit wajah yang kasar dan kusam sehingga sangat tidak menarik untuk dipandang.

3. Meningkatkan Sebum
Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bagi pemilik wajah dengan kulit kering ataupun berminyak sangatlah tidak direkomendasikan untuk mencucinya menggunakan air hangat. Jika sebagian orang beranggapan bahwa mencuci muka menggunakan air hangat dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah, hal itu merupakan kesalahan besar. 

Hal ini dikarenakan kulit wajah yang berminyak saat dibasuh menggunkaan air hangat maka bisa meningkatkan sebum di wajah atau biasa yang kita kenal dengan terjadinya kelenjar minyak berlebih. Dengan demikian maka akibat terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat dapat membuat kulit semakin berminyak lantaran kelenjar minyak yang dihasilkan menjadi lebih banyak. 

4. Menjadikan Kulit Wajah Keriput
Mencuci wajah menggunakan air hangat dapat mengakibatkan kulit menjadi keriput. Hal ini karena saat kita secara terus menerus membasuh menggunakan air hangat maka kulit akan menjadi kering. Saat tingkat kelembaban kulit tidak terjaga dengan baik maka bisa memicu terjadinya pengerutan kulit atau keriuput. Oleh karena itu bagi Anda yang terbaisa mencuci wajah menggunakan air hangat harus segera beralih menggunakan air dingin. 

Setelah mengetahui akibat terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat maka Anda dapat membiasakannya dengan menggunakan uap air hangat yang dilakukan setiap 1 minggu sekali. Dengan begitu kulit wajah akan akan lebih sehat dan dapat terawat secara optimal. 

loading...

Share this :

Previous
Next Post »