Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat Tanpa Obat

Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat Tanpa Obat


Kesehatan anak merupakan hal utama yang selalu dijaga oleh para orang tua. Namun sering kali datangnya penyakit memang tidak bisa diduga, salah satunya adalah demam. Apa lagi anak kecil memang rentan terhadap demam, sehingga orang tua harus pintar memilih cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat agar saat dewasa tubuh anak tidak kebal terhadap obat.

Demam merupakan mekanisme alami tubuh ketika ada benda asing yang menyerang dan dianggap membahayakan tubuh. Ada banyak faktor penyebab demam, sehingga kita tidak boleh sembarangan memberikan obat penurun demam jika memang belum terlalu diperlukan.


Cara Menurunkan Panas Anak dengan Cepat Tanpa Obat


1. Cegah Dehidrasi
Pada saat demam, tubuh lebih cepat kehilangan cairan sehingga pada masa ini asupan cairan dari luar sangat dibutuhkan. Pastikan anak cukup minum agar tubuh mereka tidak kekurangan cairan, karena dehidrasi berbahaya apa lagi jika dialami oleh anak-anak. Usahakan anak untuk minum paling tidak satu gelas air putih setiap satu jam.

Menstabilkan cairan tubuh bukan hanya dengan cara minum air putih saja, cairan bisa didapatkan dari buah-buahan segar, sup maupun jus sayuran. Namun jangan berikan minuman yang memiliki sifat diuretik seperti teh maupun kopi karena jenis minuman seperti ini malah membuat tubuh semakin cepat mengeluarkan cairan.

2. Kompres dengan Air Hangat
Air hangat terbukti lebih efektif menurunkan demam jika dibandingkan dengan air dingin. Karena air hangat akan membuka pori-pori dan mempercepat menurunnya suhu tubuh. Ganti kain yang sudah mulai dingin dengan kain hangat baru sampai suhu tubuh anak kembali normal.

Sekarang juga sudah banyak plester penurun panas yang dijual di apotek. Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti dari kompres air hangat. Pilihlah yang kandungannya tidak menimbulkan iritasi kulit bagi anak Anda.

3. Gunakan Pakaian yang Sejuk
Masih banyak orang tua yang salah kaprah dalam memilih pakaian anak ketika mereka demam. Banyak orang tua yang memakaikan pakaian tebal dan serba tertutup sebagai cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat. Mereka berpikir dengan pakaian yang tebal tersebut tubuh anak akan semakin cepat mengeluarkan keringat sehingga demam bisa turun.

Padahal pakaian terbaik saat anak sedang demam adalah justru pakaian berbahan tidak terlalu tebal dan sejuk saat digunakan. Pakaian jenis ini memudahkan sirkulasi udara sehingga tubuh bisa menyesuaikan dengan suhu lingkungannya dan demam bisa cepat turun.

4. Mandi dengan Asam Jawa
Campur air asam jawa dengan air hangat dan gunakan untuk mandi si kecil. Perpaduan air hangat dan air asam jawa sangat efektif untuk meredakan demam karena sifatnya yang mendinginkan. Agar lebih efektif, setelah mandi berikan buah hati anda minuman sari asam jawa guna membantu tubuhnya kembali mencapai suhu normal.

5. Konsumsi Vitamin C
Sifat vitamin C yang memiliki anti inflamasi juga bagus sebagai cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat. Anda bisa memberikan minuman yang mengandung vitamin C maupun mengambil manfaat vitamin ini dari buah-buahan seperti kiwi, apel dan jeruk.

6. Istirahat yang Cukup 
Istirahat memang obat terbaik untuk segala penyakit. Dengan istirahat yang cukup, stamina terjaga dan bisa membantu tubuh untuk bekerja dengan baik. Melakukan pencegahan tentu lebih baik dari pada harus mengkonsumsi obat saat sakit melanda. Mencari cara menurunkan panas anak dengan cepat tanpa obat pabrikan dengan memakai bahan herbal serta metode tradisional bisa dipilih sebagai alternatif.

Share this :

Previous
Next Post »