Jam Makan yang Baik untuk Orang Diet Sehat


Jam Makan yang Baik untuk Orang Diet Sehat


Bagi orang yang ingin memiliki tubuh proporsional biasanya melakukan diet ketat agar bisa memiliki tubuh yang ideal dalam waktu yang cepat. Namun, penurunan berat badan sebenarnya tidak hanya dipengaruhi oleh porsi makan saja, namun juga jam makan yang tepat. Jika Anda ingin memiliki tubuh yang ideal, sebaiknya perhatikan jam makan yang baik untuk orang diet. Sehingga mimpi untuk memiliki tubuh yang ramping akan segera terwujud.

Dengan mengatur jam makan yang tepat ketika diet sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Karena jadwal makan yang tidak teratur dapat menjadikan sistem metabolisme tubuh terganggu. Menerapkan jam makan yang tepat dapat membantu pembakaran lemak dan gula. Selain itu, makan dengan jam yang tepat juga dapat mengurangi kadar kalori berlebih yang ada di dalam tubuh. 

1. Sarapan
Dalam sebuah penelitian jurnal internasional Obesity yang dilakukan pada tahun 2015 menyebutkan bahwa melakukan sarapan tinggi protein pada pukul 6 hingga 9.45 pagi merupakan waktu paling efektif untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak. Rasa lapar palsu yang biasanya muncul seharian juga bisa segera diatasi jika terbiasa sarapan tinggi protein pada pagi hari.

Bahkan menurut ahli gizi dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, Jim White menyarankan agar seseorang makan satu jam setelah bangun tidur, jangan menunggu hingga jam sepuluh pagi baru sarapan. Karena tidak baik untuk membantu dalam proses diet yang sedang dilakukan.

2. Camilan Pagi
Camilan di pagi hari tidak wajib untuk dilakukan, namun jika Anda memiliki jam sarapan yang sangat pagi dapat menyiasatinya dengan memakan camilan sehat sembari menunggu jam makan siang yang masih lama. Agar camilan sehat yang Anda konsumsi tidak menjadi lemak yang menumpuk, sebaiknya ngemil dilakukan dua hingga empat jam setelah sarapan. 

Sehingga ketika makan camilan tubuh telah siap untuk memproses makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dua sampai empat jam ini merupakan waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengolah makanan.

3. Makan Siang
Jam makan yang baik untuk orang diet selanjutnya adalah pada saat makan siang. Melakukan makan siang pada waktu yang tepat lebih efektif dalam menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan makan siang yang dilakukan terlambat atau kesorean. Sebuah studi dalam International Journal of Obesity juga menjelaskan bahwa makan sebelum pukul tiga sore mampu menurunkan berat badan 25% lebih banyak dari biasanya.

4. Camilan Siang
Jam makan yang baik untuk orang diet yang selanjutnya adalah pada saat ngemil siang. Sama seperti camilan pagi, melakukan camilan siang juga bisa membantu agar perut tidak makan terlalu banyak ketika waktu makan tiba. Waktu yang tepat untuk melakukan ngemil siang adalah dua hingga empat jam setelah makan siang. Pilihlah camilan yang sehat seperti kacang dan buah-buahan. Dengan camilan yang sehat ini tentu akan menjaga berat tubuh tetap ideal dan membuat tubuh tetap sehat berenergi.

5. Makan Malam
Makan malam juga merupakan waktu makan yang disarankan bagi orang yang sedang melakukan diet sehat. Usahakan untuk melakukan makan malam pada pukul lima hingga tujuh sore. Jam makan ini merupakan waktu makan malam yang terbaik karena ketika seseorang tidur makanan yang tadi dimakan telah selesai dicerna secara sempurna oleh tubuh. 

Kemudian waktu tidur merupakan waktu yang baik bagi tubuh untuk membakar lemak dan kalori. Jika Anda makan sebelum tidur, tubuh tidak akan membakar lemak dan kalori karena masih sibuk mencerna makanan yang baru saja masuk ke dalam tubuh. Sehingga, makan malam ini merupakan jam makan yang baik untuk orang diet.

Share this :

Previous
Next Post »