Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?


Kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?, tentu pertanyaan seperti ini sering kali terbersit dari Anda yang ketika pagi hari sering menikmati secangkir kopi hangat karena merupakan kegiatan yang paling nikmat untuk dilakukan. Akan tetapi ternyata minum minuman berkafein yang paling baik bukanlah ketika Anda baru bangun tidur. Minum kopi, teh, atau minuman berkafein jauh lebih baik jika dilakukan ketika menjelang siang dan tidak baik saat pagi hari. 

Berbagai ilmuan dunia telah meneliti waktu yang tepat untuk minum kopi dan setelah melakukan penelitian bahwasanya untuk mendapatkan waktu yang paling baik agar dapat menikmati kopi atau teh setiap hari adalah antara pukul 09:30 dan 11:30 siang. 

Hal ini dikarenakan ketika masuk ke dalam tubuh, kafein nantinya akan langsung bereaksi dengan hormone kortisol dan dapat membantu untuk mengatur jam kerja tubuh dan dapat meningkatkan kewaspadaan.

Pertanyaan tentang kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?, tentunya sudah terjawab bukan?. Ketika pagi hari hormone kortisol biasanya akan meningkat secara alami setelah Anda bangun tidur dan levelnya akan sangat tinggi lagi hingga beberapa jam kemudian. Hormone kortisol paling tinggi antara sekitar jam 8–9 pagi. 

Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi mengasupi tubuh dengan minuman berkafein di waktu tersebut. Sebab minum kopi ketika level kortisol sedang tinggi-tingginya akan membuat tubuh menjadi kecanduan terhadap kopi di pagi hari.

Pengaruh Hormon Kortisol Terhadap Kafein Pada Kopi
Jika terus mengkonsumsi kopi pada pagi hari, tubuh akan meminta jumlah kortisol yang lebih banyak lagi sehingga Anda akan merasa selalu ingin minum kopi terlebih dahulu agar tubuh menjadi segar. Lama kelamaan keinginan tubuh akan kafein menjadi sangat tinggi dan meningkat dari hari ke hari hinga memungkinkan Anda untuk minum kafein lebih dari satu gelas per harinya. 

Meskipun Anda tidak bisa menjawab pertanyaan mengenai kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?, akan tetapi Anda harus mengerti bahwa kopi di pagi hari itu sebetulnya kurang baik. Terlalu banyak meminum kopi dan mengkonsumsi kafein maka akan memicu detak jantung sehingga akan berakibat kurang baik bagi kesehatan jantung.

Salah satu ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Steven Miller pernah mengatakan bahwa minuman berkafein tentu akan lebih baik jika dikonsumsi setelah pukul 9 pagi karena dapat membantu Anda dalam menjaga produksi hormone kortisol tetap stabil sehingga tidak naik ataupun tidak turun.

Prinsip Dunia Farmasi Terhadap Waktu Meminum Kopi
Salah satu prinsip di dunia farmasi adalah dengan menggunakan obat atau suplemen ketika dibutuhkan begitu saja. Jika tidak tubuh akan menjadi toleransi terhadap obat itu dalam jumlah yang bisa dikatakan sama. Hal tersebut tentu sama halnya dengan satu cangkir kopi yang sama ketika pagi hari akan terasa efektif dan dapat membuat Anda beralih ke espresso yang tentu lebih kuat lagi.

Tentu saja pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?, maka jawabannya adalah ketika hormone kortisol menurun. Bahkan kortisol merupakan hormone yang diproduksi sangat banyak ketika Anda merasa stress. 

Fungsinya adalah untuk mengubah cadangan energy menjadi glukosa sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh. Sangat banyak sekali energy yang dilepaskan saat pagi hari sehingga akan meningkatkan kewaspadaan dan di waktu yang sama juga akan menimbulkan rasa lapar. 

Seiring dengan berjalannya waktu, level kortisol ini akan menurun dengan sendirinya sehingga kewaspadaan berkurang. Ketika itu khasiat untuk minuman kafein juga akan lebih efektif. Itulah jawaban dari pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk minum kopi?.

Share this :

Previous
Next Post »