Makanan yang Baik Untuk Penderita Liver

 Makanan yang Baik Untuk Penderita Liver


Makanan yang baik untuk penderita liver akan membantu kerja liver menjadi lebih baik, apa lagi mengingat bahwa organ tubuh yang satu ini walau pun kecil tetapi memegang peran penting dalam sistem tubuh. Tanpa hati yang baik maka seluruh tubuh kita akan penuh dengan racun dan akan berimbas pada datangnya penyakit-penyakit yang lain. 

Untuk mendapatkan liver yang baik kita perlu menjaga pola makan serta gaya hidup. Gejala seperti kenaikan berat badan yang signifikan, gangguan tidur serta sakit kepala yang sering kali muncul merupakan tanda bahwa ada gangguan pada liver. Pola makan yang baik juga memperhatikan makanan yang baik yang masuk ke dalam tubuh untuk menolong kerja liver.


Daftar Makanan yang Baik Untuk Penderita Liver


1. Sayuran Cruciferous dan Sayuran Hijau
Sayuran ini memiliki banyak zat kimia alami yang menolong hati memerangi zat kimia yang bersifat karsinogen serta berbahaya bagi tubuh dan menetralkannya. Macam sayuran cruciferous yang bisa kita temui sehari-hari adalah bok choy, kembang kol, brokoli dan daikon. Sementara untuk sayuran hijau adalah bayam, sawi, dan masih banyak lagi.

2. Algae
Tanaman laut memang tidak terlalu dikenal di tanah air sebagai bahan makanan. Padahal masyarakat Jepang sudah dari dahulu mengkonsumsi nori, wakame, kelp, arame dan masih banyak tanaman laut lain sehingga penelitian membuktikan tingkat kesehatan masyarakat Jepang yang tinggi dengan macam penyakit hati yang rendah penderitanya.

Makanan dari tanaman laut ini sangat membantu proses pencernaan dan sangat baik sebagai nutrisi untuk liver. Memasukkan tanaman laut sebagai menu utama dalam makanan Anda bisa menjadi rekomendasi makanan yang baik untuk penderita liver. 

3. Biji-bijian
Makanan ini juga termasuk kacang-kacangan, dan padi-padian seperti gandum, kacang hijau, taoge, almond, walnut dan masih banyak lagi yang merupakan makanan baik untuk dikonsumsi karena mengandung enzim dan protein sebagai mendukung kerja hati.

Selain itu bahan makanan ini juga memiliki senyawa yang bersifat anti karsinogen. Jika fungsi hati kita baik, maka semua organ tubuh menjadi baik dan juga dapat berdampak pada kulit yang berseri dan sehat.

Semua Makanan yang Mengandung Belerang
Bawang putih, telur, bawang merah, bawang bombay, dan jamur merupakan makanan yang kaya akan sulfur. Makanan ini sangat diperlukan untuk hati guna membantu proses pengeluaran racun. selain itu belerang juga memiliki efek anti inflamasi.

4. Segala Macam Buah
Buah memang terkenal kaya akan antioksidan dan merupakan makanan yang baik untuk penderita liver dan berguna untuk menangkal radikal bebas serta mengurangi kerja hati dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Buah-buahan seperti raspberi, cranberi dan stroberi memiliki kandungan polyphenols dan anthocyanin yang paling tinggi di antara yang lainnya. Zat tersebut berguna untuk menghadang sel kanker.

5. Perasan Jeruk Nipis
Minumlah perasan dari dua buah jeruk nipis yang dicampur dengan tiga perempat gelas air hangat tanpa campuran apa pun lagi, tepat pada saat Anda bangun tidur. Minum secara perlahan agar air tersebut bercampur dengan saliva baru kemudian ditelan. Jangan terburu-buru meminumnya karena malah akan membuat perut Anda penuh dengan gas.

Minuman ini adalah vitamin alami untuk liver Anda. Apabila Anda memiliki penyakit maag, jangan kuatir untuk meminumnya asal Anda meminumnya secara benar. Karena manfaat dari meminum air perasan jeruk nipis ini sangat besar, bahkan bisa juga untuk mengurangi lemak perut.

Memilih makanan yang baik untuk penderita liver termasuk juga dengan tidak memakan junk food atau makanan siap saji. Selain itu hindari juga makanan yang telah mengalami proses masak lebih dari satu kali. Yang tidak kalah penting kehigienisan bahan makanan juga harus menjadi perhatian.

Share this :

Previous
Next Post »