Makanan yang Menyebabkan Sinusitis Kambuh



loading...


Makanan yang Menyebabkan Sinusitis Kambuh


Sinusitis merupakan keadaan dimana terjadinya inflamasi atau peradangan pada rongga sinus. Hal ini terjadi karena terinfeksi virus maupun bakteri yang masuk lewat sistem pernafasan. Penyakit ini dapat menyerang semua orang dan tidak mengenal usia. Oleh karena itu bagi penderita sinusitis wajib hukumnya untuk menghindari makanan yang menyebabkan sinusitis kambuh agar proses penyembuhan ataupun pencegahan dapat berjalan dengan maksimal. 

Sinus parasinal berada di bagian rongga hidung, lebih tepatnya berada di antara pipi atas kanan kiri dan dahi. Penyakit sinusitis ditandai dengan terjadinya demam tinggi hingga mencapai 38 derajad celcius bahkan lebih, nyeri dibagian wajah, indera penciuman tidak dapat berfungsi dengan baik, hidung tersumbat dan sakit kepala hingga batuk. Untuk itu bagi Anda yang mengalami sinusitis artikel ini dapat membantu Anda dalam mencegah terjadinya penyakit yang satu ini agar tidak kambuh dengan cara menghindari beberapa makanan berikut: 

Makanan yang Menyebabkan Sinusitis Kambuh 


1. Makanan dengan Rasa Pedas ataupun Asam
Bagi Anda penderita sinusitis ada beberapa jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi. Makanan dengan selera pedas atau asam wajib untuk dihindari karena dapat memperparah sinusitis. Adapun beberapa makanan tersebut yaitu rujak, cuka bakso, rendang, gurameh pedas dan lainnya. selain dapat memicu sinusitis menjadi semakin parah makanan tersebut juga bisa meningkatkan terjadinya asam lambung. 

2. Makanan Berminyak dan Gorengan
Makanan yang menyebabkan sinusitis kambuh adalah makanan yang mengandung banyak minyak atau gorengan seperti tempe goreng, pisang goreng, mie ayam, brongkos dan lainnya. Makanan tersebut harus Anda hindari. Hal ini dikarenakan tenggorokan dan saluran hidung menjadi satu kesatuan yang terhubung, saat Anda terbiasa mengkonsumsi makanan yang digoreng ataupun berminyak otomatis akan membuat peradangan di rongga sinus parasanal akan semakin parah. 

3. Minuman Beralkohol dan Soda
Minuman bersoda atau beralkohol sangatlah tidak baik untuk kesehatan, selain itu juga dapat menyebabkan penyakit sinusitis menjadi semakin parah. Hal ini dikarenakan saat kita mengkonsumsi minuman alkohol maka dapat mengakibatkan kekurangan carian atau dehidrasi, sementara bagi mereka para penderita sinusitis cairan sangatlah diperlukan supaya lendir bisa mengalir keluar tanpa adanya hambatan. 

Maka akan jauh lebih baik menghindari minuman beralkohol dan bersoda seperti bir, wine, anggur dan lainnya. 

4. Minuman Berkafein
Selain minuman bersoda dan beralkohol, minuman dengan kandungan kafein yang tinggi juga bisa membuat sinusitis kambuh. Hal ini karena kafein dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, sementara bagi penderita sinusitis sangatlah memerlukan cairan lebih untuk mengeluarkan lendir supaya tidak mengental. 

5. Makanan dengan Rempah-rempah
Selain menghindari makanan yang berminyak dan pedas, Anda juga harus menghindari makanan yang menyebabkan sinusitis kambuh seperti rempah-rempah. Hal ini karena rempah-rempah yang umumnya digunakan untuk memasak atau dicampurkan dalam masakan mempunyai bau yang menyengat sehingga dapat memicu terjadinya bersin berlebih dan menjadikan rongga sinus parasanal terganggu. 

6. Makanan dan Minuman yang Dingin
Makanan dan minuman dingin yang dikonsumsi bagi mereka para penderita sinusitis tentu dapat membuat peradangan yang terjadi semakin parah. Hal ini karena makanan dan minuman yang dingin bisa membuat rasa nyeri hingga sakit kepala dan dibagian tulang pipi dapat menyebabkan terjadinya penumpukan lendir pada rongga hidung. Untuk itu sebaiknya menghindari makanan yang keluar dari kulkas dan minuman dingin seperti soft drink serta es krim. 

7. Makanan dengan Bahan Dasar Susu
Makanan yang menyebabkan sinusitis kambuh adalah susu, meskipun susu sangatlah baik bagi tubuh manusia terutama untuk pertumbuhan tulang. Faktanya susu dapat memicu sinusitis semakin parah. Adapun beberapa makanan yang terbuat dari susu seperti kue, yogurt dan keju. Makanan tersebut harus dihindari oleh penderita sinusitis karena bisa membuat dahak semakin tebal dan kental sehingga bagi si penderita akan membuat tidak nyaman.

loading...

Share this :

Previous
Next Post »