Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat bekam untuk kesehatan tubuh mungkin belum banyak diketahui orang karena banyak yang masih menganggap metode ini primitif dan belum dikenal di dunia kesehatan. Padahal sudah banyak yang mencoba dan merasakan kegunaannya terutama dari segi kesehatan. 

Terapi ini pada dasarnya bertumpu pada dua hal, yaitu memvakum kulit mengikuti titik-titik tertentu pada tubuh kemudian mengeluarkan darah yang ada di daerah tervakum. Banyak yang sudah membuktikan dan mendapatkan kesehatan yang lebih baik setelah menjalani terapi bekam.

Mengulik Manfaat Bekam Untuk Kesehatan Tubuh


1. Menstimulasi Saraf di Permukaan Kulit
Dengan stimulan yang terus menerus pada kulit maka dapat merangsang keluarnya endorphin lebih banyak. Kita tahu bahwa zat kimia alami yang diproduksi oleh tubuh ini mampu meredakan rasa sakit dan juga membuat kondisi lebih stabil
Selain itu pembekaman pada titik-titik tertentu juga sama dengan terapi akupuntur yang juga bermain di ranah syaraf. Syaraf yang distimulasi lebih sering dapat bekerja lebih baik.

2. Efek Relaksasi
Salah satu manfaat bekam untuk kesehatan tubuh adalah memberikan rasa tenang dan nyaman pada tubuh. Efek ini sama seperti yang dirasakan ketika seseorang sedang dipijat relaksasi. Otot-otot yang kaku akan menjadi lebih santai sehingga ketegangan yang membuat tubuh menjadi cepat lelah dapat dikurangi.

Untuk itulah metode bekam juga sangat marak digunakan di panti-panti pijat karena efeknya yang sama. Namun yang perlu diingat saat sebelum melakukan proses bekam adalah pastikan semua alat yang digunakan sudah bersih dan steril.

3. Mengurangi Keluhan di Kepala
Terapi bekam juga ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan di kepala seperti mengurangi pusing, migrain, vertigo dan memperkuat daya ingat. Hal ini berkaitan dengan metode bekam basah yang mengeluarkan toksin di dalam darah melalui terapi bekam.
Selain itu, terapi bekam juga mampu mengobati keluhan lain pada tubuh yang juga berawal dari gangguan di kepala seperti menyembuhkan parkinson, stroke, menormalkan tekanan darah, sakit gigi, dan mengatasi masalah pada mata, telinga serta hidung.

4. Efek Pada Wajah
Selain pada kepala, manfaat bekam untuk kesehatan tubuh juga bisa dirasakan pada bagian wajah. Masalah yang terjadi di seputar kecantikan wajah bisa dengan mudah teratasi hanya dengan menerapkan terapi ini secara teratur. Manfaat tersebut antara lain menyehatkan dan mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat membandel, serta melancarkan peredaran darah di seputar wajah.

5. Kesehatan Jantung
Karena efek terapi bekam yang dapat melancarkan peredaran darah maka hal ini secara langsung juga memberikan efek pada jantung. Ketika darah lancar, maka kerja jantung menjadi tidak terlalu berat. Hal ini membuat jantung lebih sehat dan tidak perlu memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh.

Fungsi jantung yang baik akan membawa imbas baik pada fungsi organ tubuh yang lainnya. Terapi bekam juga dapat membantu proses perbaikan jaringan tubuh serta sel tubuh yang rusak. Dengan kata lain sistem kekebalan tubuh juga menjadi lebih baik. Anda tidak akan mudah terkena penyakit mulai dari ringan sampai berat sekalipun.

Selain manfaatnya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memutuskan menjalani terapi bekam. Gunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman guna mengurangi kesalahan saat menjalankan proses terapi. Pastikan juga bahwa Anda sedang tidak mengalami anemia, karena salah satu metode terapi adalah mengeluarkan darah.

Selain itu untuk mendapatkan manfaat bekam untuk kesehatan tubuh Anda juga harus memperhatikan kebersihan alat, serta kondisi tubuh Anda pribadi sebelum menjalankan terapi ini.

Share this :

Previous
Next Post »