Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang

loading...

Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang


Manfaat dan efek samping daun pepaya Jepang sudah bukan menjadi rahasia publik, hal ini lantaran manfaat yang diperoleh dari daun pepaya Jepang jauh lebih banyak jika dibandingkan efek samping yang didapatkan saat mengkonsumsinya. Daun pepaya Jepang bukan merupakan jenis daun pepaya yang berasal dari Jepang melainkan berasal dari Jawa Barat. Selama ini kita mengenal daun pepaya dengan rasa yang pahit, berbeda dengan daun pepaya Jepang yang mempunyai rasa manis. 

Daun pepaya tidak hanya dimanfaatkan untuk sayuran saja, melainkan  kerap dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hal ini lantaran kandungan yang dimiliki daun ini sangatlah alami dalam menyehatkan tubuh. Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat serta efek samping dari daun pepaya Jepang kami ulas lengkap dibawah ini: 

Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Jepang


1. Anti Kanker
Manfaat yang paling fantastis dari daun pepaya Jepang adalah dapat dijadikan sebagai obat anti kanker. Daun pepaya dapat menjadikan kondisi tubuh menjadi lebih kuat, khususnya bagian sel yang rentan terjadinya penyakit kanker. Selain itu, kandungan yang terdapat pada daun pepaya yaitu acetogenin yang terbukti sangat ampuh dalam mencegah terjadinya kanker. 

2. Baik untuk Kesehatan Usus
Manfaat dan efek samping daun pepaya Jepang salah satunya sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Hal ini lantaran daunnya yang bersifat alami serta terdapat kandungan enzim seperti chymopapain, papain, amilase, protease, karbohidrat dan mineral sehingga menjadikan usus lebih bersih dan membuat organ pencernaan tubuh berfungsi dengan baik. Saat organ pencernaan berfungsi dengan baik maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang ada dalam tubuh. 

3. Membunuh Bakteri
Daun pepaya Jepang juga sangat ampuh dalam membunuh dan melawan berbagai bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian tubuh akan terus sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang ditimbulkan karena bakteri jahat. 

4. Mencegah Jantung Koroner
Jantung koroner biasanya terjadi karena kadar kolesterol yang tinggi. Untuk mencegah jantung koroner maka diperlukan banyak vitamin c sebagai antioksidan dalam melancarkan peredaran darah. Akan tetapi dengan mengkonsumsi daun pepaya Jepang secara rutin maka anda akan terhindar dari penyakit jantung koroner karena di daun pepaya sendiri kaya akan vitamin C. 

5. Anti Aging
Daun pepaya Jepang mempunyai lebih dari 50 asam amino seperti glisin, valin, asam glutamat, leusin, tirptofan, distidin dan lainnya. semua kandungan yang terdapat dalam daun pepaya sangatlah diperlukan dalam pembuatan kosmetik dan dijadikan sebagai bahan dasar. Untuk itu dengan mengkonsumsi daun pepaya Anda akan merasakan manfaatnya sebagai anti aging. 

6. Menyembuhkan Tukak Lambung
Manfaat dan efek samping daun pepaya Jepang adalah dapat menangkal radikal bebas atau dijadikan sebagai antioksidan. Hal ini lantaran daun pepaya mempunyai aktivitas glutation peroksidase yang dilakukan melalui study dan memperoleh hasil bahwa seseorang yang mengkonsumsi daun pepaya mempunyai tingkat stres oksidatif yang relatif kecil dengan demikian akan meminimalisir terjadinya tukak lambung. 


Efek Samping Daun Pepaya Jepang


Setelah mengetahui beberapa manfaat yang didapatkan dari daun Pepaya, akan tetapi daun ini juga mempunyai efek samping seperti berikut: 

1. Berbahaya untuk Ibu Hamil
Ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun pepaya Jepang. Hal ini dapat menyebabkan keguguran karena kandungan enzim papain yang dapat menjadi racun untuk si janin. 

2. Menyebabkan Alergi
Kandungan yang terdapat dalam daun pepaya seperti enzim papain bisa menyebabkan alergi seperti hidung berair ataupun mata pedas. 

Itulah beberapa hal terkait dengan manfaat dan efek samping daun pepaya Jepang yang dapat dijadikan referensi untuk Anda. Pada dasarnya manfaat yang didapatkan pada daun pepaya dibandingkan dengan efek samping yang ada dari daun pepaya jauh lebih besar jadi masih aman untuk dikonsumsi. 
loading...