Ngantuk Berat Tapi Tidak Bisa Tidur ? Ternyata Ini Penyebabnya

loading...

Pernakah Anda merasakan kondisi dimana mata terasa berat tapi ketika coba diajak tidur ternyata kita tidak bisa tidur ?

Selama beberapa bulan ini saya mengalami hal tersebut, rasanya mata ini sudah tidak bisa diajak kompromi lagi dan sudah ngantuk berat tetapi ketika sudah diatas kasur ternyata mata yang tadinya terasa sangat ngantuk tidak mau ditidurkan juga. Bahkan terkadang apabila sudah tertidur pun itu hanya sekejap saja dan tidak lelap.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan tidak boleh dibiarkan terus menerus. Karena apabila dibiarkan maka akan membuat kita mengalami kekurangan jam tidur sehingga tubuh akan terasa lemah, letih dan lesu ketika bangun dipagi hari. Kekurangan jam tidur dalam jangka waktu yang panjang juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita lho.

Nah, maka dari itu untuk mengatasi masalah ini tentu saja kita harus mencari penyebabnya terlebih dahulu. Menurut beberapa sumber serta pengalaman yang aku alami ternyata berikut dibawah ini ada beberapa penyebab utama yang menyebabkan mengapa mata terasa ngantuk tapi gak mau tidur.

Penyebab Mata Ngantuk Tapi Tidak Bisa Tidur


1. Stres
Stres adalah penyebab utama yang menyebabkan mengapa Anda kesulitan tidur meskipun mata sudah ngantuk berat. Beban pikiran yang terlalu banyak akan membuat kita menjadi gelisah dan cemas sehingga membuat kita menjadi susah untuk tidur.

Nah, untuk itu cobalah kendalikan stress Anda. Dengan begitu maka mudah-mudahan tidur Anda akan kembali nyenyak dimalam hari.

2. Pikiran Yang Terlalu Aktif
Mungkin ini kedengarannya sedikit lucu bagi Anda, tetapi percayalah pikiran yang terlalu aktif akan membuat Anda mengalami masalah ini yaitu susah untuk tidur meskipun mata sudah ngantuk berat.

Bagaimana contohnya pikiran yang terlalu aktif ? misalnya Anda selalu memikirkan hal-hal yang terlalu berat ketika sebelum tidur seperti kekhawatiran mengenai masa depan, memikirkan pekerjaan atau lainnya. Percayalah kebiasaan memikirkan sesuatu yang nggak-nggak ketika sebelum tidur akan membuat Anda menjadi sulit untuk tidur.

3. Depresi
Depresi juga bisa menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami kesusahan tidur walaupun terkadang mata sudah sangat mengantuk. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu depresi ? kondisi ini adalah dimana seseorang mengalami gangguan kesehatan mental, dimana biasanya kondisi ini terjadi selama dua minggu atau lebih dan mempengaruhi pola pikir, perasaaan serta suasana hati seseorang.

Sayangnya terkadang beberapa orang sering kali tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami depresi. Nah bagi Anda yang mempunyai tanda-tanda berikut ini seperti sering murung, nafsu makan menurun, tidak fokus, gampang marah dan tersinggung, mudah lelah serta sering merasakan cemas maka itu patut diwaspadai. Karena itu tandanya Anda sedang mengalami depresi.

4. Mengkonsumsi Obatan Tertentu
Bisa jadi juga penyebab Anda susah tidur walaupun mata ngantuk adalah karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika hal ini memang karena disebabkan mengkonsumsi obat-obatan maka cobalah hentikan mengkonsumsi obat-obatan tersebut.

Kira-kira itu saja penyebab utama mengapa ketika kita ngantuk berat tetapi gak mau tidur. Jika Anda pada saat ini mengalami masalah seperti ini maka cobalah teliti terlebih dahulu apakah yang menjadi penyebabnya. Jika penyebabnya adalah stress maka tentu saja Anda harus belajar mengendalikan stress atau menghilangkan stress dengan cara pergi rekreasi, menyanyi dan lainnya.

Sedikit tambahan, berikut dibawah ini ada tips dari salah seorang ahli kesehatan, Dr Andrew Weil yaitu bagaimana agar kita bisa segera tertidur dengan teknik pernapasa 4-7-8:

1. Tarik napas selama empat detik
2. Tahan napas selama tujuh detik
3. Bernapaslah selama delapan detik
4. Ulangi ini tiga kali (yang memakan waktu sekitar 57 detik)


Dengan melakukan tekhnik seperti ini, Dr Andrew mengatakan kita bisa menjadi lebih tenang karena ketika kita menahan napas selama delapan detik maka akan memungkinkan oksigen untuk beredar dengan lancar. Hal ini juga dipercaya mampu meredakan stress dipikiran kita.
loading...

Loading...