Penyebab Tangan dan Kaki Sering Kesemutan


Penyebab Tangan dan Kaki Sering Kesemutan


Penyebab tangan dan kaki sering kesemutan sering dicari orang yang merasa terganggu dengan nyeri-nyeri kecil yang menyerang setelah bagian tubuh yang ditekuk selama beberapa waktu. Kondisi yang biasa disebut parestesia dalam dunia medis ini bisa berbahaya dan tidak tergantung dari sifatnya yang sementara atau berkelanjutan.

Ada baiknya kita tidak menyepelekan kesemutan yang terjadi karena bisa saja mengarah pada penyakit tertentu. Namun juga jangan terlalu kuatir karena kesemutan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tergantung dengan situasi. Untuk itulah kita perlu belajar tentang kesemutan agar bisa menentukan apakah berbahaya atau tidak.

Mendeteksi Penyebab Tangan dan kaki Sering Kesemutan


Bersifat Sementara
Tekanan yang terjadi pada waktu lama pada area tubuh terntentu memang bisa menimbulkan kesemutan. Hal ini karena peredaran darah ke daerah tersebut tidak lancar. Biasanya hal ini terjadi ketika kita menekuk bagian tubuh tertentu terlalu lama seperti saat berlutut atau bersila, bisa juga ketika kita menindih tangan dengan badan saat tidur.

Hiperventilasi dan dehidrasi juga dapat menimbulkan kesemutan. Ketika kita bernapas terlalu kencang maka aliran darah juga beredar lebih cepat. Dehidrasi merupakan keadaan yang efeknya hampir sama dengan tekanan pada tubuh yang membuat pasokan aliran darah terhambat dan menyebabkan kesemutan.

Penyakit Raynaud sering menghampiri mereka yang terkena serangan kepanikan atau sedang berada di tempat dengan suhu sangat dingin dan dalam waktu lama juga menjadi penyebab tangan dan kaki sering kesemutan.

Ketiga penyebab kesemutan tersebut tidak berbahaya karena efeknya yang sementara sehingga akan berangsur-angsur sembuh dalam hitungan waktu yang relatif singkat.

Berkepanjangan
Penyakit seperti gangguan ginjal, liver, tumor otak, ketidakseimbangan hormon, penyakit syaraf serta berbagai penyakit lainnya juga merupakan penyebab terjadinya kesemutan. Sifat dari kesemutan ini adalah kontinyu atau datang terus menerus.

Penggunaan obat-obatan seperti pengobatan untuk kanker, HIV/AIDS dan obat pencegah kejang juga bisa menjadi penyebab tangan dan kaki sering kesemutan. Konsumsi antibiotik yang tidak cocok juga dapat menimbulkan efek yang sama. Kondisi kekurangan nutrisi seperti vitamin juga menyebabkan kesemutan.


Cara Mengetahui Penyebab Kesemutan dan Cara Mencegahnya 


Konsultasi Dokter
Jika Anda mengalami gangguan kesemutan yang berlangsung secara terus menerus maka ada baiknya berkonsultasi ke dokter kepercayaan Anda. Biasanya Anda akan disarankan untuk melakukan serangkaian tes guna memastikan penyebab kesemutan tersebut.

Olah Raga
Olah raga dapat membantu peredaran darah menjadi lebih lancar dan mengurangi risiko kesemutan. Tetapi bagi Anda yang mempunyai riwayat sakit yang berat, konsultasikan kepada dokter Anda jenis olah raga apa yang cocok untuk Anda terapkan. Olah raga ringan seperti yoga dan juga pilates bisa dipilih, selain menjaga kesehatan kedua olah raga ini juga membantu memperbaiki struktur badan Anda.

Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat meliputi menjaga pola makan. Selain dapat menjaga berat badan, pola makan yang sehat juga membantu mengatasi masalah kesemutan yang sering menimpa Anda.

Pola hidup sehat juga mencakup berhenti merokok dan membatasi minum yang beralkohol tinggi. Tidur cukup dan juga mengkonsumsi makanan yang sehat akan membantu Anda terhindar dari kesemutan.

Jika Anda sudah menemukan penyebab tangan dan kaki sering kesemutan maka tindakan preventif dengan menghindari pemicu terjadinya kesemutan adalah hal terbaik yang harus dilakukan. Jangan sampai masalah ini mengganggu produktivitas Anda dan menghalangi mencapai apa yang Anda rencanakan.

Share this :

Previous
Next Post »