Sayuran yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil


Sayuran yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil


Tahukah Anda bahwa buah dan sayuran sangat bermanfaat sekali untuk ibu hamil. Akan tetapi bukan berarti semuanya boleh dimakan. Demi kehamilan yang sehat tentunya Anda harus menjaga makanan bukan?. Banyak sekali buah dan sayuran yang memang tidak dianjurkan karena mengandung zat yang dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan janin. Berikut ini sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil dan Anda tidak perlu memakannya ketika hamil. 

Sayuran yang Tidak Baik Untuk Ibu Hamil


Mengkonsumsi Lalapan Mentah
Meskipun dapat dikatakan bahwa lalapan mentah merupakan makanan yang mengandung lebih banyak mineral dibandingkan dengan yang sudah matang, akan tetapi Anda yang sedang hamil tentu saja tidak dianjurkan untuk memakannya. 

Makanan yang merupakan pantangan bagi ibu hamil adalah sayuran yang memang mengandung banyak pupuk tertentu dan apabila pencuciannya kurang bersih maka akan berbahaya bagi pertumbuhan janinnya. 

Anda lebih baik tidak memakannya daripada hal tersebut berisiko terhadap janin yang dikandung. Sayuran berupa lalapan mentah juga tentunya harus Anda hindari sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

Kecambah 
Sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil yakni kecambah. Sayur ini memang pada dasarnya memiliki tekstur yang sangat kecil, dan karena teksturnya ini kecambah yang benar-benar bersih tentu akan sangat mustahil untuk didapatkan. Untuk itu, demi menjaga janin agar tumbuh dengan baik maka lebih baik Anda tidak memakannya dan tahanlah hingga buah hati lahir ke dunia.

Buah Nanas
Selain sayuran, ada juga buah yang tidak baik untuk ibu hamil, yaitu nanas. Nanas sendiri merupakan buah yang seringkali dijadikan bumbu untuk sayuran seperti masakan asam manis. Akan tetapi perlu Anda ketahui dan ingat bahwa nanas mengandung zat-zat yang memang dapat mengakibatkan keguguran pada kehamilan. 

Karena itu Anda sebaiknya menghindari makan nanas selama kehamilan termasuk untuk tidak pernah meminum jus nanas sekalipun. Hal itu demi menjaga janin Anda agar tetap sehat.

Pepaya Muda      
Anda juga tidak boleh memakan papaya muda karena pada dasarnya papaya muda mengandung banyak lateks yang dapat menimbulkan efek kontraksi pada rahim. Meskipun begitu, Anda masih boleh memakan papaya muda yang sudah matang karena dapat mengatasi sembelit yang Anda alami.

Cabai 
Jika Anda sedang hamil, maka tidak dianjurkan untuk memakan semua jenis cabai. Cabai merupakan salah satu sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil karena di dalamnya terdapat pestisida serta zat kimia capsaicin. Zat inilah yang membuat rasa padas dan panas. Makanan panas juga dapat membuat terjadinya peningkatan pada hormone prostaglandin sehingga akan terjadi kontraksi dan timbul rasa ingin melahirkan.

Sayur Pare
Jika Anda memakan pare pada saat hamil maka akan meningkatkan resiko keguguran. Hal ini disebabkan oleh senyawa kina yang terkandung pada pare. Senyawa kina ini merupakan senyawa yang dapat merangsang  penyusutan rahim dan dapat meningkatkan resiko bayi lahir premature. Selain itu dapat mengakibatkan hal fatal, yakni keguguran jika dikonsumsi secara terus menerus.

Sayur Kentang
Anda harus mengetahui bahwa bahwa ada kentang yang mengandung racun berbahaya, terutama jenis kentang yang memiliki warna kulit hijau pada lapisan kulit luarnya. Kentang juga mengandung zat glycoalkaloid yang memang sudah terkenal mengandung racun. 

Oleh karena itu akan lebih baik jika Anda memakan kentang yang sudah dikupas terlebih dahulu dan dicuci sampai bersih. Pastikan kentang dimasak hingga matang jangan sampai setengah matang karena jika setengah matang akan mengandung banyak bakteri.

Itulah beberapa macam sayuran yang tidak baik untuk ibu hamil. Setelah mengetahui makanan apa saja yang tidak baik dikonsumsi sewaktu hamil maka Anda bisa lebih berhati-hati mulai sekarang demi kesehatan sang calon bayi.

Share this :

Previous
Next Post »