Tanda Asam Lambung Sedang Rendah dan Cara Mengatasinya


Tanda Asam Lambung Sedang Rendah dan Cara Mengatasinya


Tanda asam lambung sedang rendah dan cara mengatasinya memang perlu diperhatikan karena masalah ini sama penting dan berbahaya untuk diketahui seperti asam lambung tinggi. Keduanya memiliki efek bahaya yang sama jika tidak dikendalikan dengan baik.

Penyakit yang sering juga disebut dengan hypoclorydria ini kebanyakan memang diremehkan mengingat gejalanya yang awalnya sangat ringan dan tidak terlalu berdampak pada kesehatan seseorang. Padahal jika dibiarkan, akibatnya bisa sangat fatal.

Tanda Asam Lambung Sedang Rendah dan Cara Mengatasinya


1. Gangguan Pencernaan
Jika Anda sering bersendawa dan bahkan muntah sesaat setelah makan, maka bisa ada kemungkinan bahwa Anda sedang mengalami tanda asam lambung sedang rendah dan cara mengatasinya tidak cukup hanya dengan obat, tetapi dengan mengatur pola makan. Pola makan yang tidak teratur akan membuat asam lambung Anda berfluktuasi.

Selain itu gangguan tersebut juga ditandai dengan perut yang begah, bahkan kram karena kembung. Anda juga akan sulit untuk buang air besar namun juga kadang malah sering mengalami diare, dan makanan yang Anda konsumsi akan dikeluarkan kembali tanpa tercerna dengan baik.

2. Infeksi Usus
Karena sistem cerna yang tidak baik, maka usus juga akan terkena imbasnya. Infeksi ini jika tidak segera tertangani dapat menyebabkan kebocoran yang tidak jarang menyebabkan kematian jika terlambat diatasi.

3. Sensitif Terhadap Makanan
Makanan yang tidak diserap dengan baik akan menyisakan zat tidak berguna yang akan menumpuk di tubuh dan membuat tubuh menjadi jenuh. Semakin lama, tubuh semakin tidak toleran terhadap makanan yang masuk yang mengandung zat yang masih berlebih di dalam tubuh. Ini merupakan tanda asam lambung sedang rendah dan cara mengatasinya lebih mudah jika Anda selalu melakukan pencegahan.

4. Kulit dan Kuku
Hal paling jelas terlihat adalah munculnya jerawat bukan hanya pada bagian wajah, kadang kala juga disertai dengan eksim yang sangat mengganggu. Selain itu kuku juga menjadi lebih mudah patah karena malprotein dan mineral. 

5. Efek Pada Tubuh
Mudah lelah dan anemia juga merupakan tanda tubuh Anda sedang dalam fase kekurangan asam lambung. Selain itu rambut Anda juga akan rontok lebih banyak dari pada biasanya. Efek selanjutnya juga akan menyerang tulang yang menjadi lebih cepat keropos. 

Cara Mengatasi Kekurangan Asam Lambung


6. Mengurangi Stress
Stress merupakan salah satu pemicu naik dan turunnya asam lambung. Tekanan pekerjaan, masalah kehidupan serta pikiran-pikiran yang selalu tegang akan membuat tingkat stress Anda meninggi. Ada baiknya Anda menyempatkan waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang bisa membantu Anda melepaskan stress.

7. Memperbaiki Pola Makan
Menjaga asupan makanan serta jam makan Anda adalah yang paling efektif untuk menjaga agar asam lambung tetap stabil. Sesibuk apa pun Anda, usahakan untuk tidak mengubah pola makan dan selalu taati pantangan makanan yang menjadi pemicu turunnya asam lambung.

8. Olahraga
Salah satu penyebab asam lambung yang rendah juga dipengaruhi oleh postur tubuh yang mengalami pergeseran. Pilihlah yoga atau pilates untuk memperbaiki postur tubuh Anda.

9. Kurangi Konsumsi Obat-obatan
Penggunaan antibiotik yang tidak sesuai anjuran serta obat-obatan lain yang tidak semestinya diminum berlebihan juga menjadi pemicu fluktuasi asam lambung. Hentikan penggunaan obat dan beralihlah dengan yang lebih alami.

Untuk memiliki tubuh yang sehat memang kita perlu tahu tanda asam lambung sedang rendah dan cara mengatasinya agar tidak perlu bersusah payah untuk mengembalikan kondisi tubuh ke taraf semula. Seperti pepatah mengatakan mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Share this :

Previous
Next Post »