Anda Susah Kentut ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

loading...

Mungkin Anda akan sedikit aneh sekaligus tertawa ketika mendengar ada orang yang mengalami masalah susah kentut atau susah untuk buang gas. Bisa jadi kita akan menjadikan orang tersebut sebagai lelucon karena menganggap bahwa masalah susah kentut ini adalah sesuatu yang menggelikan dan lucu.

Memang benar, masalah susah kentut ini terdengar sedikit lucu dan seperti mengada-ada. Anda boleh percaya dan boleh juga tidak tetapi pada kenyataannya masalah yang Anda anggap lucu ini pernah dialami oleh beberapa orang.

Susah kentut tidak bisa dianggap masalah sepele karena orang yang mengalami masalah ini pasti akan sangat tersiksa. Perut akan terasa sangat penuh dan kembung, dikarenakan gas yang ada didalam perut Anda tidak bisa keluar.

Sekedar untuk pengetahuan, mungkin Anda akan bertanya-tanya darimana datangnya gas tersebut ? gas yang ada didalam tubuh kita diproduksi dari udara luar yang kita hirup, baik itu hirup disengaja ataupun tidak sengaja. Selain itu, gas juga bisa berasal dari bakteri di usus yang mencerna makan makanan yang kita konsumsi.

Kembali lagi mengenai susah kentut tadi, ternyata inilah penyebab mengapa seseorang bisa mengalami masalah susah kentut.

Penyebab Susah Kentut


1. Perut Kembung
Salah penyebab susah kentut adalah karena perut kembung. Seseorang yang sedang mengalami perut kembung maka biasanya lambung mereka akan mengembung sehingga membuat peregangan diperut. Kondisi seperti ini akan membuat gas yang ada didalam perut Anda menjadi terkumpul dan menjadi susah untuk dikeluarkan.

Adapun penyebab dari perut kembung adalah biasanya terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau juga bisa dikarenakan makan terlalu cepat. Selain itu, penyebab perut kembung lainnya adalah dikarenakan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.


2. Konstipasi
Konstipasi juga bisa menjadi penyebab mengapa Anda menjadi susah untuk kentut. Konstipasi adalah kondisi dimana kita merasa kesulitan untuk buang air besar. Biasanya hal ini disebabkan oleh karena kualitas makanan yang kita konsumsi sangat buruk.

3. Obstruksi Usus
Kemudian bisa juga disebabkan oleh karena obstruksi usus. Apa itu obstruksi usus ? sumbatan pada saluran pencernaan atau usus, dimana sumbatan tersebut disebabkan oleh tinja, benda-benda asing dari luar atau bisa jadi juga dikarenakan adanya kanker.
Selain susah kentut, gejala obstruksi usus lainnya adalah hilangnya nafsu maka, perut kembung parah, sakit perut, mual, muntah, konstipasi dan kram perut.

4. Radang Usus Buntu Kronis
Dan kemudian penyebab susah kentut yang terakhir yaitu bisa jadi dikarenakan adanya radang usus buntu kronis. Hal ini dikarenakan, ketika seseorang mengalami apendisitis atau radang usus buntu kronis maka akan terjadi sumbatan pada usus nya. Dimana sumbatan pada usus yang meradang akan membengkak karena infeksi.

Cara Mengatasi Susah Kentut


Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab yang membuat seseorang menjadi susah untuk kentut maka kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Cara mengatasi susah kentut ternyata tidaklah susah, kamu tidak perlu membeli berbagai macam obat diapotek. Anda cukup disarankan mengkonsumsi makanan berserat untuk meningkatkan kadar gas didalam perut. Makanan berserat yang sarankan adalah semacam gandum utuh, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Makanan yang disebut gandum utuh bisa berupa sereal, pasta atau roti. Sedangkan sayuran dan buahan yang bagus dan disarankan adalah seperti brokoli, asparagus, brokoli, kubis, apel, dan pir.

Itulah penjelasan serta penyebab susah kentut dan cara mengatasinya. Semoga dengan membaca informasi ini bisa terbantu didalam mengatasi masalah ini. Semoga bermanfat !
loading...

Loading...