Hal Sepele Yang Menyebabkan Bahu Menjadi Kaku dan Nyeri



loading...


Dahulu saya sering sekali mengalami nyeri pada bahu, biasanya rasa nyeri tersebut akan muncul ketika kita duduk tanpa bersandar. Rasa nyeri tersebut tepatnya sangat terasa di samping tulang belikat, tapi agak keatas sedikit. Selain timbul rasa nyeri, biasanya juga membuat bahu menjadi agak sedikit tegang atau kaku.

Hal ini tentu saja sangat menyiksa, karena setiap akan duduk disuatu tempat maka harus mencari tempat yang ada sandarannya. Apabila tempat duduk tersebut tidak ada sandaran maka rasa nyeri pada bahu akan muncul. Apabila sudah begini maka akan membuat kita menjadi sangat tidak nyaman. Biasanya untuk bisa meredakan rasa nyeri tersebut kita harus berbaring setidaknya 15-30 menit dan kemudian nanti baru akan terasa baikan.

Hampir beberapa bulan masalah nyeri pada bahu seperti ini tidak mau hilang. Nyeri yang muncul seperti kambuh-kambuhan, seperti yang sudah dikatakan di atas tadi bahwa kalau duduk tidak bersandar maka bahu akan menjadi kaku serta nyeri seperti tertusuk.

Sempat mengira jikalau masalah ini adalah karena kecapekan, maklum pada waktu itu pekerjaanku memang agak sedikit berat. Tapi karena lama kelamaan nyeri bahu ini terus muncul maka terpikir untuk melakukan pengobatan. Setelah beberapa kali mencoba melakukan pengobatan alternatif ternyata penyebab nyeri bahu yang aku alami adalah dikarenakan salah posisi tidur.

Ternyata hal sepele karena salah posisi tidur juga bisa berdampak buruk pada bahu kita. Posisi tidur dengan bahu ikut menempel diatas bantal sangat tidak baik untuk kesehatan kita dan bisa menyebabkan nyeri pada bahu. Jika Anda kurang paham maka silahkan lihat gambar dibawah ini

Posisi Tidur Penyebab Bahu Nyeri


Nah, posisi tidur seperti gambar diatas tidak disarankan. Coba Anda lihat, bahu orang yang ada didalam gambar diatas terlihat naik diatas bantal. Apabila kebiasaan seperti terus berulang dan Anda terus tidur dengan posisi seperti itu maka dampaknya akan mengalami hal yang sama seperti yang aku rasakan yaitu bahu akan mudah nyeri apabila duduk tidak bersandar.

Jadi, usahakan ketika Anda tidur posisi bahu berada dibawah bantal. Jika Anda masih bingung maka silahkan melihat gambar dibawah ini.

Cara Mengatasi Nyeri Bahu


Posisi tidur seperti gambar diatas sangat disarankan untuk Anda. Sedangkan didalam agam Islam sendiri, posisi tidur yang dianjurkan adalah posisi miring kekanan. Posisi tidur seperti ini adalah posisi yang dianjurkan oleh Rasullulah SAW. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan posisi tidur miring ke kanan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Namun ada baiknya selalu memperhatikan kebersihan sarung bantal. Tidur dengan posisi miring ke kanan akan menyebabkan kulit wajah kita bersentuhan langsung dengan sarung bantal. Sarung bantal yang kotor bisa mempengaruhi kecantikan kulit wajah Anda. Kotoran yang menempel pada wajah bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan bahkan menyebabkan munculnya jerawat.

Mungkin itu saja, hal ini merupakan atas dasar pengalaman penulis sendiri. Alhamdulilah semenjak mengubah posisi tidur, bahu tidak pernah terasa nyeri dan kaku lagi. Walaupun begitu tetap saja Anda mesti memeriksakan diri kedokter terlebih dahulu karena kasus pada setiap orang berbeda. Jadi, kalau nyeri pada bahu Anda tidak juga kunjung sembuh dengan mengubah posisi tidur maka itu tandanya ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh Anda. Silahkan kunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

loading...

Share this :

Previous
Next Post »