Mengenal Penyakit Lupus Yang Membuat Selena Gomes Gagal Ginjal

loading...

Ada yang tau gak apa itu penyakit lupus ? mungkin bagi orang awam seperti kita ini terdengar sedikit asing mengenai penykit yang satu ini. Karena memang tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana gejala atau tanda-tanda dari penyakit lupus ini. Selain itu kita pun sangat jarang menemui orang yang mengidap penyakit mematikan ini dimasyarakat sekitar kita. Hal inilah kemudian yang membuat kita akhirnya sama sekali tidak mengetahui tentang penyakit lupus ini.

Nah, baru-baru ini penyakit lupus menjadi topik hangat perbincangan dikalangan netizen. Begitu banyak pemberitaan mengenai penyakit lupus ini setelah salah seorang penyanyi terkenal wanita asal Amerika Serikat yaitu Selena Gomes, memposting sebuah foto di akun Instagram miliknya yang menampakan dirinya sedang menjalani transplantasi ginjal akibat penyakit Lupus.

Penyanyi berusia 25 tahun tersebut mengalami gagal ginjal disebabkan karena mengidap penyakit lupus.

Apa Itu Penyakit Lupus


Mungkin sekarang Anda sedikit penasaran dengan penyakit lupus ini, beberapa diantara Anda mulai bertanya-tanya apa sih penyakit lupus itu, apa saja penyebab penyakit lupus, bagaimana gejalanya dan bagaimana cara penanganan penyakit ini. Mengingat penyakit ini cukup mematikan maka ada baiknya Anda mengetahui informasi mengenai penyakit ini.

Penyakit lupus adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh bekerja secara salah, dimana yang seharusnya melindungi tubuh ternyata sistem kekebalan tubuh yang ada didalam tubuh kita malah balik menyerang jaringan atau organ tubuh kita sendiri atau didalam dunia medis disebut (autoimmune).

Nah, akibat serangan tersebut organ-organ didalam tubuh kita mulai mengalami peradangan. Mulai dari peradangan pada organ ginjal, kulit, darah, jantung dan bajkan paru-paru.

Penyakit lupus dikatakan sebagai penyakit mematikan karena penyakit yang satu ini sangat sulit untuk dideteksi. Biasanya tanda-tanda atau gejala penyakit lupus terkadang bisa saja menyerupai penyakit lain. Namun meskipun demikian Anda tidak perlu khawatir karena setidaknya ada satu tanda yang bisa kita jadikan patokan untuk mengetahui penyakit lupus ini. Gejala khas pada banyak kasus menyebutkan bahwa orang-orang yang mengidap penyakit lupus biasanya ada ruam berbentuk seperti sayap kupu-kupu terbentang di kedua pipi.

Selain gejala tersebut, berikut ada beberapa gejala penyakit lupus lainnya

1. Nyeri, bengkak, dan kekakuan pada persendian.
2. Ruam berbentuk kupu-kupu sepanjang kedua pipi dan batang hidung.
3. Lesi kulit muncul saat terpapar matahari.
4. Perubahan warna pada jari tangan dan kaki saat terpapar udara dingin atau kondisi stres.
5. Sesak napas.
6. Nyeri dada.
7. Kekeringan mata.
8. Sakit kepala, kebingungan, penurunan daya ingat.
9. Rasa mudah lelah.

Penyebab Penyakit Lupus


Setelah Anda mengetahui gejala penyakit lupus maka saatnya kita membahas apa saja sih penyebab penyakit lupus ini. Sebenarnya tidak banyak yang mengetahui, bahkan para dokterpun belum bisa mengatakan secara pasti apa yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit lupus ini.

Namun beberapa ahli kesehatan menduga bahwa penyebab penyakit lupus ini adalah dikarenakan faktor keturunan, kondisi lingkungan, sinar matahari, infeksi dan obat tertentu seperti obat penurunan tekanan darah, obat anti kejang atau antibiotik.

Selain itu, menurut para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa orang – orang yang beresiko mengalami penyakit ini biasanya berada direntang usia 15-40 tahun dan ras (Afrika-Amerika, Hispanik dan Asia)

Penyakit lupus ini bisa mempengaruhi kinerja organ tubuh kita, pada kasus Selena Gomes ini yang menjadi sasaran adalah organ Ginjal. Akibat komplikasi Lupus pada organ ginjal maka membuat fungsi ginjal menjadi terganggu sehingga proses pengeluaran racun dari dalam tubuh menjadi tidak optimal. Hal inilah kemudian yang membuat Selena Gomes mengalami gagal ginjal sehingga harus melakukan proses transplantasi ginjal.

Pengobatan Penyakit Lupus

Untuk penanganan penyakit lupus ini tentu saja tidak boleh sembarangan yaitu harus benar-benar dicek terlebih dahulu. Pengobatan tergantung gejala serta tanda yang muncul pada tubuh si penderita. Namun biasanya ada beberapa obat yang bisa diberikan oleh dokter untuk penderita penyakit lupus seperti anti radang non - steroid, antimalaria, kortikosteroid atau obat penekan kekebalan tubuh.

Namun apabila obat diatas sudah tidak mempan atau tidak sanggup mengatasi penyakit lupus di penderita maka biasanya para dokter akan melakukan tindakan operasi sesuai dengan kondisi si penderita. Misalnya pada Selena Gomes, organ yang diserang adalah ginjal maka dokter akan mengambil tindakan transplantasi ginjal.

Nah, itulah mengapa Selena Gomes mengalami gagal ginjal di usia muda sehingga harus melakukan transplantasi ginjal. Penyebabnya adalah penyakit lupus. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda. !
loading...