10 Bahaya Akibat Menahan Ngantuk Bagi Kesehatan Tubuh

loading...
Bahaya Akibat Menahan Ngantuk

Apakah Anda salah satu orang yang sering menahan ngantuk ? jika iya maka mulai dari sekarang sebaiknya tinggalkan kebiasaan tersebut. Jika Anda merasa sudah sangat mengantuk maka pergilah untuk tidur dan jangan ditahan-tahan. Tubuh kita perlu beristirahat, cara beristirahat yang paling baik adalah dengan tidur. Tidur yang cukup akan membuat tubuh kita menjadi lebih fresh dan segar.

Keseringan menahan ngantuk sangatlah berbahaya, bahkan dalam jangka waktu yang panjang bisa menyebabkan penyakit serius. Ngantuk yang terus ditahan akan menjadi bertumpuk dan tanpa Anda sadari akan menjadi sangat parah. Akibatnya, kesehatan dan produktivitas Anda terganggu.

Nah, berikut setidaknya ada 10 bahaya akibat menahan ngantuk bagi kesehatan tubuh kita yang patut Anda ketahui.

1. Membuat Kepala Menjadi Pusing
Masalah paling umum yang banyak diderita oleh orang-orang yang suka menahan ngantuk adalah sakit kepala atau pusing. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, tubuh yang kelelahan dan kurang tidur akan memberikan sinyal. Sinyal yang dikeluarkan oleh tubuh kita tersebut adalah ya sakit kepala itu. Jadi, segeralah untuk tidur apabila Anda merasa sudah mengantuk.

2. Emosi Yang Tidak Stabil
Kemudian akibat menahan ngantuk yang selanjutnya yaitu membuat emosi kita menjadi sangat tidak stabil. Bahkan, akibat hal-hal kecil sekalipun kita mudah terpancing emosinya. Ngantuk yang ditahan-tahan akan membuat kita menjadi tidak bisa berpikir jernih. Maka dari itu apabila Anda sudah mengantuk maka pergilah untuk tidur.

3. Tidak Kreatif
Bagaimana mau kreatif, berpikir saja sudah sangat sulit. Bahkan lebih parahnya lagi, akibat terlalu lama menahan ngantuk membuat kita sering sekali ngelantur dan sulit memilih kata-kata yang baik ketika berbicara didepan umum. Sering kali kita juga menunjukan sikap kurang bersahabat kepada orang lain.

4. Membuat Kemampuan Otak Menurun
Orang-orang yang suka menahan ngantuk, kemampuan otak merekapun juga akan menurun. Mereka cenderung akan menjadi orang yang pelupa. Jika kebiasaan ini terus berlanjut maka lama-kelamaan otak akan kehilangan kemampuannya. Apabila kemampuan otak dan kematangan emosional Anda sudah terganggu maka itu akan menyebabkan Anda menjadi kesulitan didalam menentukan dan mengambil keputusan. Bahkan, bukan tidak mungkin jika nantinya Anda akan melakukan tindakan yang tidak rasional.

5. Menjadikan Anda Orang Yang Rakus
Ketika kita mengantuk maka itu tandanya tubuh sedang kelelahan dan sudah tidak punya energy lagi untuk melakukan aktivitas. Kita harus tidur untuk men “charge” energy sehingga nanti tubuh akan menjadi lebih bersemangat kembali.

Nah masalahnya, ada saja orang-orang yang terus melakukan aktivitas meskipun mereka sudah mengantuk. Tentu saja tubuh tidak ada energy untuk melakukan aktivitas tersebut, maka energy tersebut didapatkan dari makanan. Nafsu makan Anda akan meningkat, sehingga membuat Anda menjadi rakus. Sel-sel saraf diotak Anda akan mendiktekan rasa lapar dan keinginan besar untuk menikmati makanan apapun. Maka dari itu berhati-hatilah, ketika nafsu makan Anda meningkat tak terkendali bisa saja itu pertanda bahwa Anda kurang tidur.

6. Menjadi Lamban
Menahan ngantuk akan membuat Anda menjadi lamban. Anda akan menjadi orang yang “lemot” didalam memahami suatu obyek. Perlu berulang-ulang kali membaca dan melihat sesuatu, setelah itu baru Anda benar-benar mengerti. Kemudian selain itu, akibat menahan ngantuk ini akan membuat Anda menjadi orang yang ragu-ragu didalam mengambil keputusan.

7. Ceroboh
Seperti yang dijelaskan diatas, orang yang sedang menahan ngantuk akan sangat sulit berpikir jernih sehingga sering sekali membuat mereka melakukan tindakan ceroboh. Misalnya, tidak hati-hati saat berjalan sehingga menyebabkan terjatuhnya barang-barang. Atau bahkan tindakan-tindakan konyol lainnya.

8. Galau
Akibat emosi tidak stabil, biasanya orang-orang yang kurang tidur atau yang sering menahan ngantuk menjadi sangat mudah tersinggung. Tidak jarang terkadang akibat masalah sepele bisa menyebabkan pertengakaran dengan pasangan. Bertengar dengan pasangan tentu saja akan membuat Anda menjadi galau.

9. Tertidur
Jika sudah sampai ketahap ini maka bisa dikatakan bahwa Anda sangat-sangat kekurangan tidur dan tubuh serta otak Anda sudah sangat kelelahan. Tidak ada obat lain kecuali dengan tidur, jangan terus menahan-nahan ngantuk dengan cara mengkonsumsi kafein atau minuman berenergi. Ini akan menjadi sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kematian.

10. Pelor
Pelor alias nempel molor merupakan istilah yang umum diberikan pada orang yang mudah sekali tidurnya. Begitu meletakkan kepala di atas bantal, tak kurang dari 5 menit, seseorang sudah terlelap. Padahal mula tidur (sleep onset) yang normal adalah 10-20 menit.


Sekarang kamu sudah tau kan, apa saja bahaya akibat menahan ngantuk. Maka dari itu mulai dari sekarang jika kamu merasa ngantuk maka segeralah untuk tidur. Tapi ingat, jangan pula tidur berlebihan karena itu tidak baik.
loading...